Kamar Hotel di Senggigi Panen Bookingan Selama WSBK

Salah satu kamar hotel di Holiday Resort, Senggigi. (Inside Lombok/Yudina Nujumul Qur’ani).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Rata-rata hotel di kawasan wisata Senggigi sudah 90 persen full book atau terpesan selama periode perhelatan World Superbike (WSBK). Walaupun sebagian besar penonton merupakan turis lokal, beberapa hotel mencatat pesanan kamar hingga 100 persen.

“Khusus periode WSBK, tanggal 19 – 21 November itu bookingan kamar sudah penuh,” ujar General Manager (GM) Holiday Resort Senggigi, Ketut M Jaya Kusuma saat dikonfirmasi, Selasa (09/11/2021).

Dia menuturkan ada 189 kamar di Holiday Resort, dan seluruhnya telah terpesan. Tamu rata-rata melakukan pemesanan untuk periode 19 November. Namun ada juga yang mulai datang pada 18 November, agar bisa lebih lama wisata Senggigi dan sekitarnya sebelum menonton WSBK di Mandalika.

“Bisa jadi juga pasca WSBK mereka nanti akan extend satu-dua hari. Karena sayang kalau ke Lombok cuma untuk lihat balapan saja,” jelas Ketua Senggigi Hotel Association (SHA) tersebut.

Pihaknya juga mencatat rata-rata hotel di kawasan Senggigi sudah terbooking 90 persen. Mulai dari hotel non bintang hingga hotel berbintang yang terdata di Senggigi, secara keseluruhan menyediakan sekitar 2000 kamar.

“Memang masih ada juga beberapa hotel yang masih availabel (tersedia). Tapi saya pikir sudah 90 persenan ke atas sudah bookingan ini,” imbuhnya.

Dari keseluruhan bookingan, lanjut Ketut, didominasi oleh wisatawan lokal. Kendati ada warga negara asing (WNA) yang melakukan pemesanan, mereka adalah wisatawan mancanegara yang sedang extend di Indonesia.

“Kalau mancanegara saya rasa belum ada, Kalaupun ada satu-dua itu mereka ekspatriat sepertinya. Tapi memang lebih banyak lokal,” bebernya.

Untuk mengantisipasi lonjakan kunjungan di periode WSBK, para pemilik homestay di sekitar Senggigi diminta juga mempersiapkan diri. Khususnya untuk mengantisipasi bila nanti banyak pengalihan wisatawan menuju ke kawasan Senggigi. Mengingat dari informasi yang diterima pihaknya, hotel di kawasan Mandalika telah full book secara keseluruhan.

Pihak hotel pun telah menyiapkan berbagai atraksi “in house” yang dapat dinikmati para wisatawan nantinya. “Kita menerima tamu sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) dan sudah mulai menerapkan aplikasi Peduli Lindungi,” tandasnya.

Senada, GM Aruna Senggigi, Weni Kristanti menyebut kamar yang tersedia di Aruna sudah terpesan 100 persen. “Periode WSBK kamar kami sudah full book mulai dari tanggal 17 November nanti,” ujarnya.

Kamar yang disediakan di Aruna sendiri mencapai 128 unit. Pemesanan terbanyak diakuinya datang dari wisatawan yang mencari kamar hotel untuk periode 20 – 21 November mendatang. (yud)