Kasus DBD di Lobar Melonjak, Terbanyak di Kuripan

Lombok Barat (Inside Lombok) – Dari awal Januari hingga tanggal 2 Februari hari ini, kasus positif Demam Berdarah Dengue (DBD) di Lombok Barat terus meningkat, menjadi 49 kasus.

Di mana kasus dominan sebanyak 19 pasien positif berasal dari Kuripan. Kemudian disusul Gerung delapan pasien, lalu Dasan Tapen delapan pasien, kemudian Jembatan Kembar ada lima kasus.

“Kalau kasus yang meninggal itu masih tetap satu yang kemarin” kata Kabid P3KL Dikes Lobar, dr. Ahmad Taufik Fathoni, Selasa (02/02/2021).

Dari 49 kasus tersebut, Dikes sudah melakukan fogging di 17 titik lokasi pasien yang ditemukan positif.

Untuk mengantisipasi sebaran DBD di lokasi banjir seperti Sekotong dan Lembar, pihaknya sudah turun bersama dengan tim dari Dikes provinsi untuk melakukan survei terhadap situasi lingkungan yang ada di kawasan tersebut.

“Di sana juga kan ada teman-teman Puskesmas setempat yang tetap memantau jadi, kalau ada kasus atau mereka kewalahan, mereka akan lapor ke kami (Dikes Lobar)” tutur Fathoni.

Ia menyebut, hingga saat ini kawasan-kawasan yang kemarin sempat terendam banjir masih dapat dikatakan aman dari penyebaran BDB.