Kecamatan Mataram Sediakan Tiga Titik Vaksinasi Malam Hari

Mataram (Inside Lombok) – Kecamatan Mataram telah menyiapkan tiga lokasi untuk pelaksanaan program vaksinasi malam hari.

Sekretaris Camat Mataram Ahmad Marwi menjelaskan, ketiga lokasi tersebut dipusatkan di Polsek Mataram, Polsek Pagutan, dan di Jalan Meninting Raya, Kelurahan Pagesangan Barat.

Titik pertama yakni Polsek Mataram diperuntukkan bagi warga yang termasuk ke dalam Kelurahan Punia, Kelurahan Mataram Timur, dan Kelurahan Pejanggik. Kemudian titik kedua yang bertempat di Polsek Pagutan menyasar warga yang ada di sekitar Kelurahan Pagutan Timur, Kelurahan Pagutan, dan Kelurahan Pagutan Barat.

“Sedangkan titik pelayanan yang ketiga ada di Jalan Meninting Raya, Kelurahan Pagesangan Barat. Itu kita siapkan bagi warga yang berdomisili di Kelurahan Pagesangan Timur, Kelurahan Pagesangan, dan Kelurahan Pagesangan Barat,” terangnya saat ditemui pada Jumat, (30/4/2021).

Program layanan vaksin malam hari tersebut akan diprioritaskan bagi kalangan lansia. Pihak kecamatan menargetkan tingkat kunjungan masyarakat untuk mendapat vaksin di tiap kelurahan dapat mencapai 20-30 orang.

“Sehingga jika diakumulasikan di satu titik itu bisa mencapai 80-100 orang,” jelasnya.

Pihak kecamatan sendiri telah menyiapkan beberapa strategi untuk memenuhi target tersebut. Salah satunya yakni dengan jemput bola bagi warga yang terkendala transportasi.

“Nanti akan kita koordinasikan dengan kepala lingkungan agar menyiapkan titik kumpulnya dimana sehingga proses penjemputannya dapat lebih efisien,” katanya.

Selain itu, sesuai keputusan dari Pemerintah Kota Mataram juga akan memberikan sembako bagi warga yang menerima vaksinasi. Diharapkan, dengan adanya berbagai strategi tersebut dapat meningkatkan animo masyarakat untuk datang ke tempat pelayanan vaksinasi.

“Nanti pelaksanaannya (vaksin malam hari) akan kita evaluasi. Jika animo masyarakat tinggi dan dinilai efektif untuk menggenjot target vaksinasi maka kita tidak menutup kemungkinan untuk mengadakan layanan vaksin malam hari lagi,” imbuhnya.

Rencananya, pelayanan vaksinasi malam hari ini akan dilaksanakan pada Senin 3 Mei besok. Pelayanan akan diberikan dari pukul 8 malam sampai pukul 11 malam.

“Kalau pelayanannya dimulai terlalu malam dikhawatirkan targetnya tidak terpenuhi,” ucap Marwi.