Kejar Herd Immunity, Lotim Siapkan 150 Ribu Dosis Vaksin untuk Tiga Hari

Bupati Lotim, M Sukiman Azmy saat ditemui awak media, Senin (18/10/2021). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) -Pemkab Lotim menyiapkan 150 ribu dosis vaksin Covid-19 untuk tiga hari kedepan. Upaya tersebut ditujukan untuk mengejar target herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap penyebaran virus.

Stok vaksin Covid-19 tersebut didapatkan dari pendistribusian tahap pertama sebanyak 100 ribu dosis, dan pendistribusian dari BKKBN sebanyak 50 ribu dosis. “Vaksin ini akan kita distribusikan ke masing-masing puskesmas, ini kita targetkan habis selama tiga hari,” ujar Bupati Lotim, M. Sukiman Azmy saat ditemui awak media, Senin (18/10).

Sukiman meminta sebelum tanggal 17 November mendatang capaian vaksinasi di Lotim sudah mencapai 70 persen. Di mana tanggal tersebut merupakan batas untuk mencapai herd immunity.

“Untuk itu saya minta semua OPD untuk turun langsung ke lapangan mendampingi proses vaksinasi,” tegasnya. Menurut Sukiman, sulitnya mencapai herd immunity di Lotim dikarenakan jumlah penduduknya paling banyak di NTB.

Selain itu, ada keterbatasan pendistribusian vaksin dari pusat ke daerah, termasuk Lotim. “Ini saja NTB menerima 136 ribu dosis dari pusat. 100 ribu diberikan untuk Lotim dan 36 ribu untuk Lobar. Sementara kabupaten lainnya tidak diberikan,” tandasnya.