Kemenag Lotim Mulai Verifikasi Data CJH Penerima Vaksin Covid-19

Kasi Haji dan Umrah Kemenag Lotim, Rohmatullah saat ditemui beberapa waktu lalu, Selasa (09/03/2021). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Hingga saat ini, pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) belum menuai kepastian. Akan tetapi, Pemerintah Arab Saudi hanya mengizinkan jamaah yang sudah divaksinasi untuk dapat melaksanakan ibadah haji. Untu itu, data para CJH tahun ini akan dimasukkan ke dalam sistem aplikasi vaksinasi.

Kepala Seksi Haji dan Umrah, Rohmatullah mengatakan, untuk saat ini pihaknya diminta untuk update NIK dan nomor ponsel para jamaah haji untuk dimasukkan ke dalam sistem aplikasi vaksinasi Covid-19 Nasional.

“Sebanyak 808 jamaah haji yang kita update datanya ke sistem tersebut,” ucapnya kepada Inside Lombok melalui WhatsApp, Selasa (09/03/2021).

Meskipun demikian, pihak Kemenag belum mengetahui proses vaksinasi tersebut akan dilakukan secara mandiri oleh para jamaah atau akan difasilitasi oleh Kemenag.

“Kita akan menunggu surat terkait dengan kebijakan selanjutnya setelah selesai kita melakukan update data yang diminta,” jelasnya.

Sementara untuk pemberangkatan jamaah haji masih menunggu informasi selanjutnya dari Pemerintah Arab Saudi. Hingga saat ini juga pihak Kemenag belum mengetahui berapa besaran kuota pemberangkatan yang akan didapatkan.

“Sampai hari ini kami belum menerima surat terkait kepastian keberangkatan jamaah,” ucapnya.