Ketua dan Pengurus DPD KAI NTB Resmi Dilantik

Ketua DPD KAI NTB terpilih bersama anggota kepengurusan dan para tamu yang hadir di acara pelantikan di Hotel The Jayakarta, Jumat (14/02/2020). (Inside Lombok)

Mataram (Inside Lombok) – Setelah terpilih secara aklamasi, Advokat Iskandar resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Nusa Tenggara Barat periode 2020-2025 pada hari Jumat (14/02/2020) di Hotel The Jayakarta Lombok.

Sementara itu, Advokat Suheflihusnaini Ashady terpilih sebagai Wakil Ketua DPD KAI NTB, Advokat Moh. Tohriadi sebagai Sekretaris, dan Advokat Sri Putri Indrawati sebagai Bendahara. Sedangkan Advokat T.F. Sinantra dan Advokat Murjani dipilih selaku Dewan Penasehat, serta Advokat Suhaep Ashady dan H. Lalu Jazuli Azhar terpilih selaku Dewan Kehormatan.

Sebagai Ketua Terpilih, Iskandar berharap DPD KAI Provinsi NTB ini bisa lebih solid, kuat, profesional, modern, integritas, dan amanah. Terutama pada kewajiban menjaga kode etik profesi. Sehingga kedepan juga tidak ada advokat atau pengacara yang tidak menjalankan kode etik atau menyalahi aturan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

“Setiap advokat yang tergabung dalam KAI, baik secara nasional maupun daerah, wajib menjaga kapasitas, kapabilitas, kemampuan, skill, knowledge dan terpercaya,” ujar Iskandar melalui sambutannya, Jumat (14/02/2020).

Selain itu, DPD KAI NTB juga berkomitmen untuk mendukung segala kebijakan yang dicetuskan oleh pemerintah. Baik itu Pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, maupun Pemerintah Daerah tingkat kabupaten/kota di wilayah NTB ini. Sepanjang kebijakan tersebut menimbulkan manfaat dan keadilan bagi masyarakat NTB.

Menurutnya, sepanjang tahun 2019 hingga awal tahun 2020 ini, ada banyak kasus di NTB yang cukup menyita perhatian publik, baik di tingkat nasional maupun regional. Iskandar melihat permasalahnya adalah penerapan hukum yang kerap kali terlalu positivistic, terlalu kaku, dan mengakibatkan banyaknya korban dari kalangan masyarakat.

“Kita tidak ingin hal seperti itu terus terjadi dan berulang. Kita memerlukan terobosan-terobosan dalam penegakan hukum. Hal inilah yang menjadi prioritas kami terhadap para advokat yang tergabung dalam KAI di NTB ini,” imbuhnya.

Anggota kepengurusan DPD KAI NTB dilantik langsung oleh Presiden KAI Erman Umar yang hadir dalam acara pengukuhan tersebut. Selain itu, Sekretaris Jenderal KAI Heytman Jansen juga turut hadir dalam pelantikan itu.