Kondisi Balita Kembar Siam Anaya-Inaya Pasca Operasi Terus Membaik

43
Kondisi terkini Anaya-Inaya pasca-operasi pemisahan, Rabu (11/05/2022). (Inside Lombok/Istimewa)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Balita kembar siam Anaya–Inaya asal Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) terus membaik. Khususnya setelah berhasil menjalani operasi pemisahan pada 15 Februari 2022 lalu.

Direktur RSUD Selong melalui Kasi Humas, Muhammad Rahmatullah mengatakan kondisi kesehatan Anaya–Inaya pasca operasi di RS Soetomo Surabaya terus menunjukkan peningkatan. Akan tetapi belum bisa dipulangkan ke Lotim sebelum kondisinya dipastikan benar-benar pulih.

“Kondisi Anaya–Inaya baik, lukanya sembuh, mobilisasi baik, dan makan minum juga baik,” ucapnya kepada Inside Lombok, Rabu (11/05).

Adapun Anaya-Inaya baru bisa dipulangkan dari RS Soetomo Surabaya setelah luka pasca-operasinya sudah dipastikan benar-benar kering. Mengingat keduanya saat ini masih dalam pemantauan intensif para dokter, untuk memastikan tidak adanya luka atau penyakit yang ditimbulkan pasca-operasi pemisahan.

“Alhamdulillah, tidak ada komplikasi penyakit lain dan hanya menunggu penyembuhan luka. Memang belum ada info pasti jadwal pulangnya, tapi melihat kondisi terakhir luka Anaya dan Inaya, semoga dalam 2-3 minggu ke depan sudah bisa pulang,” ungkapnya.

Nantinya bila luka pasca-operasi sudah dipastikan sembuh maka perawatan selanjutnya akan ditangani di RSUD R Soedjono. Ada dua kemungkinan perawatan yang akan dijalani setelah dipulangkan, yakni dirawat intensif atau rawat jalan.

“Bila luka sudah kering, kemungkinan akan bisa pulang ke rumah, kemungkinan rehabilitasi medis-nya yang perlu dilanjutkan rawat jalan di RSUD Soedjono,” tuturnya.

Anaya-Inaya sendiri sampai dengan saat ini telah menjalani perawatan pasca-operasi di RS Soetomo Surabaya selama kurang lebih tiga bulan, tepatnya sejak 15 Februari 2022 lalu Pemkab Lotim memberangkatkan keduanya untuk menjalani operasi pemisahan. Adapun biaya operasi tersebut ditanggung seluruhnya oleh Pemkab Lotim. (den)