Legislator Minta Pemkot Siapkan Fasilitas Rumah Sakit Mengantisipasi COVID 19

Mataram (Inside Lombok) – Anggota DPRD Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mengusulkan kepada Pemerintah Kota Mataram  segera melakukan upaya preventif  virus corona dengan menyiapkan berbagai fasilitas pendukung di rumah sakit.

“Fasilitas rumah sakit harus segera disiapkan baik itu SDM, peralatan, termasuk alat pendeteksi, obat-obatan maupun sarana dan fasilitas lainnya,” kata anggota DPRD Kota Mataram Rino Rinaldi di Mataram, Selasa.

Hal itu dikemukakan politisi dari Partai Golkar ini menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengumumkan kalau ada dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus corona alias COVID-19.

Menurutnya, virus corona ini tidak hanya dua di Indonesia, melainkan masih banyak seperti fenomena gunung es sehingga kemungkinan untuk ditemukannya kasus baru masih ada.

Pasalnya, jika dua orang yang sudah dinyatakan positif terjangkit corona, sementara mereka sudah melakukan interaksi dengan orang lain sehingga tidak menutup kemungkinan virusnya sudah terpapar melalui udara.

“Corona ini, seperti kasus HIV/AIDS dengan fenomena gunung es. Karena itu, pemerintah harus segera melakukan berbagai upaya pencegahan. Jangan sampai, virus sudah mewabah baru bertindak,” ujarnya.

Di sisi lain, Rino begitu anggota DPRD Dapil Sepalarang ini akrab disapa, mengimbau masyarakat agar tidak perlu panik menyikapi temuan positif virus corona di Indonesia.

Akan tetapi, yang perlu dilakukan masyarakat adalah bagaimana upaya pencegahan, sebab dalam interaksi sehari-hari masyarakat misalnya di pasar tradisional berada di kerumunan massa, juga berpotensi menularkan banyak penyakit akibat berbagai macam bakteri.

“Bukan hanya virus corona saja, melainkan penyakit-penyakit lain seperti infeksi saluran pernapasan akut (ispa) dan lainnya juga bisa menular,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, mari sama-sama mempersiapkan diri dengan melakukan upaya preventif, melalui mengkonsumsi makanan sehat, menjaga kebersihan lingkungan, cuci tangan dengan sabun, menggunakan masker dan berolahraga dengan teratur.

“Harapannya masyarakat memiliki daya tahan tubuh maksimal sehingga bisa menangkal berbagai virus berbahaya,” ujarnya. (Ant)