26.5 C
Mataram
Senin, 15 Juli 2024
BerandaBerita UtamaLintasan Sirkuit Mandalika akan Dicat Ulang, Biayanya Sampai Rp1 Miliar

Lintasan Sirkuit Mandalika akan Dicat Ulang, Biayanya Sampai Rp1 Miliar

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Menjelang event MotoGP 2024 yang dijadwalkan bulan September mendatang, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) akan melakukan pengecatan ulang lintasan Sirkuit Mandalika sepanjang 4,3 kilometer tersebut. Pengecatan ulang akan dilakukan pada bulan Agustus 2024 mendatang.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria mengatakan untuk biaya atau harga cat lintasan dengan corak merah putih itu mencapai Rp1 miliar. Cat lintasan Sirkuit kebanggaan Indonesia itu dibeli langsung dari Italia. “Pengecatan ini sesuai permintaan Dorna. Karena cat sekarang sudah pudar,” ujarnya, Kamis (4/7/2024).

Warna cat yang akan digunakan itu diantaranya warna merah putih, hitam dan hijau. Pengecatan yang akan dilakukan dengan motif Sasak, Samawa, dan Mbojo (Sasambo). “Jadi satu-satunya pekerjaan yang memakan waktu ini adalah pengecatan. Karena hampir sebulan kita kerjakan,” imbuhnya.

Pengecatan tahun ini akan menggunakan tenaga lokal, tenaga yang digunakan berbeda dengan tiga kali pengecatan sebelumnya yang selalu memakai tenaga kerja asing. “Dengan itu biaya tahun ini lebih murah. Sekarang nyaris semua pekerjaan di Mandalika sudah diambil alih oleh lokal ya. Saya yakin pasti hasilnya bagus. Sekarang kan kita harus hemat,” ujarnya.

- Advertisement -

Sementara, untuk kualitas pengecatan sendiri harus lolos homologasi Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). Andhi berujar cat yang dibeli dari Italia sebanyak 1 kontainer tersebut dikirim via jalur laut. “Ini tidak sembarang cat hanya ada enam vendor di dunia. Di dalam cat ini ada butiran kasar. Ketika ban masuk ke lintasan cat itu akan sama kasarnya dengan aspal lintasan utama,” ujarnya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer