Lobar Belum Punya Kulkas yang Memadai untuk Penyimpanan Vaksin Moderna

Ilustrasi vaksin Moderna. (Inside Lombok /IDN Times).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Barat (Lobar) mengaku belum memiliki kulkas atau tempat penyimpanan yang memadai bila nanti vaksin Moderna mulai didistribusikan di Lobar. Vaksin tersebut untuk vaksinasi tahap ke-tiga para Tenaga Kesehatan (Nakes).

“Penyimpanan menjadi salah satu kendala karena vaksin tahap ke-tiga Nakes sudah pasti akan menggunakan vaksin jenis Moderna,”kata Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P3KL) Dikes Lobar dr. Ahamd Taufik.

Vaksin Moderna tersebut harus disimpan dalam suhu 20 derajat Celcius. Namun, pihaknya akan mengecek lagi mengenai hal itu.

“Nanti kita usahakan siapkan kulkas yang -20 derajat cerlsius. Tapi kalau untuk saat ini belum ada (kulkas penyimpanan),”ujarnya.

Di sisi lain, sampai saat ini Dikes belum menerima informasi lanjutan mengenai vaksinasi tahap ke-tiga Nakes tersebut. Begitu pula dengan kapan distribusi vaksin Moderna akan dilakukan pusat.

Namun, kalau vaksin tersebut sudah didistribusikan akan diupayakan untuk dititip di ruang khusus penyimpanan vaksin milik Dikes provinsi NTB. Vaksin itu bisa diambil satu jam sebelum vaksinasi di Lobar dilakukan.

“Tapi itu kalau dibolehkan. Kan lokasi Dikes provinsi dekat dan mereka punya gudang khusus untuk vaksin. Kalau misalkan Nakes harus divaksin hari ini, kan bisa saja paginya kita baru ambil di provinsi. Mungkin bisa begitu kan,”kata dia.

Hal itu dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran anggaran daerah lagi untuk membeli kulkas penyimpanan vaksin.