Lobar Kirim 54 Kafilah MTQ, Bupati Siapkan Hadiah Umrah Bagi yang Juara

48
Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid saat melepas para Kafilah MTQ dari Lombok Barat. Rabu (29/06/2022). (Inside Lombok/Istimewa).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid beri motivasi bagi 54 kafilah yang mewakili Lombok Barat (Lobar) dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) NTB yang ke XXIX di Lombok Timur. Hadiah umrah pun sudah menanti bagi kontingen Lobar yang berhasil meraih juara satu.

“Saya juga sudah meminta untuk bisa dianggarkan bagi yang juara dua dan tiga,” ujarnya saat melepas para kafilah di Masjid Pemda Lobar, Rabu (29/06/2022).

Orang nomor satu di Lobar itu juga berpesan agar para peserta bisa mengurangi intensitas bermain gadget selama mengikuti MTQ. Hal itu disebut Fauzan agar para kafilah yang mewakili Lobar bisa fokus pada perlombaan. Terlebih mereka akan menghafal dan melafalkan firman-firman Allah.

Sebelumnya Lobar telah berhasil mendapat juara III pada MTQ XXXVIII ketika menjadi tuan rumah. Sehingga pada MTQ kali ini, Fauzan berharap hasilnya bisa lebih baik.

Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Lobar, H Maksum memaparkan para kafilah itu pun akan mengikuti kurang lebih delapan perlombaan. Di antaranya cabang tilawah golongan anak, remaja, dewasa, cacat dan qiroatussab’ah. Kemudian cabang tilawah dan tahfidz Al-Quran 1 juz, 5 juz serta tilawah dan beberapa cabang lainnya. MTQ XXIX akan dimulai 29 Juni sampai 6 Juli mendatang.

“Terdiri dari 54 peserta, 2 orang pendamping, 6 orang pelatih, 15 orang pendamping peserta, dan 4 orang official,” Jelas Maksum. Pihaknya berharap dengan adanya motivasi dari Bupati untuk memberangkatkan umrah dapat menambah semangat para peserta.

Para Kepala OPD jajaran Pemda Lobar pun diakuinya turut memberikan dukungan bagi para kafilah itu. Bahkan beberapa diantaranya akan mengikuti pawai taaruf.

“Pawai taaruf akan didampingi oleh beberapa OPD yang ada di Lotim, di antaranya Dinas Perkim, PUPR, staf ahli Lotim yang bergabung dengan pendamping kafilah Lobar dan kepala OPD Pemkab Lobar, Disperindag, Kepala Dinas Dukcapil, BPBD, Satpol PP, Sekwan dan Kabag Ortal,” bebernya.

Selama MTQ, para kafilah itu akan menginap di penginapan yang sudah disediakan oleh Pemda Lotim di kawasan Masbagik. (yud)