Logistik Tiba di Pelabuhan Gili Mas, WSBK Siap Digelar

Logistik untuk perhelatan WSBK yang tiba di pelabuhan Gili Mas, Lembar. Jum’at (15/10/2021). (Inside Lombok/Istimewa).

Lombok Barat (Inside Lombok) -Logistik penunjang perhelatan World Superbike (WSBK) di Mandalika mulai dikirim. Alat-alat untuk gelaran balap motor internasional yang berlangsung pada November mendatang tersebut tiba, Jumat (15/10) pagi di Pelabuhan Gili Mas, Lembar.

“Logistiknya tadi sudah masuk. Ada dua trip yang berlayar membawa logistik itu,” ujar General Manager (GM) Pelindo III Cabang Lembar, Baharuddin saat dikonfirmasi Jumat (15/10).

Dijelaskan, ada dua kapal Ro-Ro yang mengangkut logistik tersebut. Jalur pengiriman antara lain dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi dan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

“Logistik yang dikirim ini sebenarnya memang sudah ada di Indonesia. Tinggal dropping melalui Gili Mas, dan diteruskan ke Mandalika,” jelasnya. Pelabuhan Gili Mas sendiri diakuinya sudah siap menerima berbagai material penunjang perhelatan akbar itu. Karena pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk mematangkan berbagai sarana dan prasarana pendukung.

“Termasuk enam kapal Ro-Ro yang beroperasi di sini, siap untuk mengangkut logistik WSBK,” ujar Bahar. Untuk memastikan kondisinya layak berlayar, pihaknya rutin melakukan pemeriksaan terhadap keenam kapal itu.

Selain itu, pihaknya juga telah mempersiapkan bea cukai yang akan langsung bertugas di pelabuhan. Guna memudahkan pengecekan barang-barang yang datang dari luar negeri. Mengingat tidak hanya logistik WSBK yang akan masuk melalui Gili Mas. Melainkan juga berbagai peralatan untuk gelaran MotoGP 2022 mendatang.

Senada dengan itu, Direktur Pengelola Pelindo, Putut Sri Muljanto menyebut kesiapan di pelabuhan Gili Mas untuk mendukung event internasional itu sudah matang. “Kami sudah mematangkan persiapan untuk mendukung keperluan yang dibutuhkan untuk WSBK maupun MotoGP,” pungkasnya.