Lombok Utara Mendapat 20 Dokter Desa Dari Kemenkes

Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar. (Foto : Inside Lombok/ANTARA/Awaludin).

Mataram (Inside Lombok) – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) memberikan tambahan sebanyak 20 dokter muda untuk melayani masyarakat perdesaan di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat mulai 2020.

“Alhamdulillah kita mendapatkan tambahan dari Kementerian Kesehatan sebanyak 20 dokter lagi, sehingga harapan kita seluruh desa terpenuhi dokter desa dan ambulans desa,” kata Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar di Lombok Utara, Sabtu.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan sudah menempatkan sebanyak 21 orang dokter muda untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di pelosok perdesaan Kabupaten Lombok Utara pada 2017.

Najmul menambahkan pihaknya sudah beberapa kali mengunjungi dan berdiskusi dengan para dokter desa yang bertugas dengan penuh dedikasi.

Saat ini,ujar dia beberapa orang dokter desa sedang melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana (S2). Selain itu, ada juga yang lulus calon pegawai negeri sipil (CPNS), sehingga tersisa masih 16 orang dokter desa.

“Saya meminta agar dokter-dokter desa yang masih ada bisa lebih aktif lagi dalam melaksanakan tugas-tugasnya di masyarakat,” harapnya.

Najmul mengaku prihatin atas kondisi adanya dokter-dokter yang harus naik sampai ke bukit-bukit hanya untuk mencari ibu-ibu yang tidak pernah datang ke puskesmas.

Terhadap kerja keras dan pengabdian luar biasa dokter desa tersebut, ia menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya.

“Pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara kembali mengangkat dokter desa untuk menambah 16 orang dokter desa yang tersisa,” katanya. (Ant)