Loteng Masih Kekurangan Toilet Bersih dan Layak

Pembangunan toilet umum di objek wisata, Kamis ( 14/1/2021). (Inside Lombok/Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Pantai Mawun dan Pantai Selong Belanak yang ada di Kabupaten Lombok Tengah terkenal keindahan dan pesonanya hingga ke mancanegara. Dua objek wisata pantai itu juga menjadi menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan Provinsi NTB dan Lombok Tengah.

Namun, di kedua pantai yang berada di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tersebut masih kekurangan fasilitas toilet umum yang bersih dan layak untuk para pengunjung atau wisatawan masih terbatas.

Terkait hal itu, PT Angkasa Pura memberikan bantuan berupa fasilitas toilet umum dan dua kontainer sampah untuk ditempatkan di masing-masing pantai tersebut.

“Ini adalah komitmen untuk ikut serta mengembangkan dan memajukan destinasi pariwisata di NTB, khususnya di Lombok Tengah,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Nugroho Jati, Kamis (14/1/2021) di Praya.

Bantuan Corporate Social Resposibility (CSR) program bina lingkungan PT AP untuk mendukung keberadaan KEK Mandalika sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas nasional.

“Total biaya yang disalurkan untuk pembangunan dan pengadaan fasilitas tersebut sebesar Rp 550 juta,”ujarnya.

Pihaknya berharap fasilitas toilet umum tersebut dapat dikelola bersama-sama warga dan selalu dijaga, baik itu terkait dengan fungsi serta kebersihannya. Dengan begitu, toilet tersebut bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan.

“Dengan demikian citra positif terhadap destinasi wisata di Lombok akan semakin meningkat, yang pada gilirannya juga akan membawa manfaat dan keuntungan bagi warga masyarakat sekitar pantai,”katanya.