26.5 C
Mataram
Minggu, 14 April 2024
BerandaBerita UtamaLuhut Ungkap Jokowi dan Prabowo Sepakat Lanjutkan Program Hilirisasi

Luhut Ungkap Jokowi dan Prabowo Sepakat Lanjutkan Program Hilirisasi

Lombok Timur (Inside Lombok) – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) RI, Luhut Binsar Pandjaitan datang ke Lombok Timu (Lotim) meresmikan hilirisasi rumput laut dari PT Sea Six Energy Indonesia di Teluk Ekas, Kecamatan Jerowaru. Ia pun mengungkapkan program hilirisasi itu akan terus dikembangkan meski sebentar lagi ada pergantian pemerintahan setelah presiden yang baru dilantik.

Luhut dalam jumpa pers mengatakan program hilirisasi rumput laut sangat baik dan akan terus dikembangkan di wilayah pesisir Indonesia, termasuk di Teluk Ekas. “Saya minta kepada Deputi saya untuk membuat peta satelit yang mana daerah yang cocok untuk ditanami seperti ini,” ungkapnya, Kamis (29/02/2024).

Luhut juga mengungkapkan dirinya sudah briefing dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, bahwa keduanya sudah sepakat untuk terus memanfaatkan potensi yang Indonesia miliki dan terus dikembangkan.

“Saya sudah brief Pak Jokowi, saya sudah brief Pak Prabowo bahwa kedua pemimpin itu sepakat dengan cara seperti ini bisa membuka lapangan pekerjaan, menjaga lingkungan, ketahanan pangan dan banyak sekali yang mungkin belum kita teliti,” tuturnya.

- Advertisement -

Kekuatan semangat kerja diminta Luhut kepada semua peserta yang hadir untuk terus berbuat yang terbaik bagi Indonesia agar sumber daya alam dapat terkelola dengan baik demi kesejahteraan masyarakat. “Ratusan lapangan kerja dapat tercipta dari sini, maka dari itu kita akan cari spot di daerah lainnya dengan memanfaatkan 1,5 juta hektare lautan yang kita miliki,” tegasnya.

Tugas pemerintah yakni menyiapkan sarana prasarananya dan nantinya masyarakat yang dilibatkan dalam pengolahannya bahkan bisa menjual ke pabrik hilirisasi bagi para petani. Dengan begitu kesejahteraan ekonomi masyarakat dapat tercapai. “Pemerintah siapkan pabriknya dan masyarakat bisa kirim rumput lautnya ke sana untuk diproses menjadi produk jadi,” pungkasnya.

Luhut melihat alat yang ada pada PT Sea Six sangat sederhana namun efisien, hal itu akan didorong ke universitas untuk dapat membuat alat serupa dan disiapkan di beberapa spot hilirisasi rumput laut. (den)

- Advertisement -

Berita Populer