Manfaatkan Panggung Mataram Harum, Komunitas Seni Kreatif Akan Diakomodir

73
Panggung Mataram Harum (Inside Lombok/Azmah)

Mataram (Inside Lombok) – Pembangunan panggung Mataram Harum sudah rampung dikerjakan. Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram akan memanfaatkan fasilitas tersebut untuk membuat event mingguan bersama komunitas seni kreatif di Kota Mataram.

Kepala Dispar Kota Mataram, H. Nizar Denny Cahyadi mengatakan program tersebut akan mulai direalisasikan akhir pekan ini. Hal ini juga untuk memberikan wadah pada komunitas yang ada untuk bisa mengembangkan bakat yang dimiliki anggotanya, sekaligus memberi hiburan bagi masyarakat dan pengunjung Taman Sangkareang.

“Insyaallah kita uji coba setiap malam minggu ini, selama sebulan ini. Untuk acara sebulan ini, Dispar yang ngadain acaranya,” kata Denny, Jumat (20/5) di Mataram.

Pernyataan ini menanggapi masukan dari masyarakat agar fasilitas yang dibangun bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama oleh komunitas. Sehingga keberadaan fasilitas bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Selama uji coba itu, lanjut Denny, pihaknya akan menentukan sendiri komunitas yang akan menampilkan karya. Namun ke depan, Pemkot Mataram melalui Dispar Kota Mataram akan mengakomodir semua komunitas seni kreatif yang ada.

“Sementara ini kita tentukan dulu, setelah itu nanti akan kita akomodir komunitas-komunitas yang ingin menampilkan karyanya,” ujarnya.

Setelah uji coba selama sebulan ke depan, Dispar Kota Mataram akan melakukan evaluasi terkait program tersebut. Jika respon komunitas cukup baik, maka akan menjadi program yang berkelanjutan dan bisa digelar setiap malam minggu.

“Iya. Jika evaluasinya positif maka akan kita programkan dua minggu sekali. Jika komunitas antusias bisa saja seminggu sekali,” ungkapnya.

Nantinya komunitas yang akan menampilkan karyanya setiap akhir pekan di panggung Mataram Harum tersebut akan mendaftarkan diri di Dispar Kota Mataram. Sehingga nantinya bisa lebih mudah untuk mengatur jadwal tampil. Opsi lainnya, akan digunakan event organizer untuk menangani kegiatan tersebut. (azm)