31.5 C
Mataram
Jumat, 14 Juni 2024
BerandaBerita UtamaMantap! Lima Ton Sampah Berhasil Dikumpulkan Relawan “Rinjani Meriri”

Mantap! Lima Ton Sampah Berhasil Dikumpulkan Relawan “Rinjani Meriri”

Lombok Timur (Inside Lombok) – Kegiatan Rinjani Meriri yang digelar pihak Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) bersama dengan para relawan, sukses membersihkan dan mengumpulkan sampah dari Gunung Rinjani. Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari dua malam tersebut, berhasil membersihkan dan mengumpulkan sampah sekitar 5 ton dari Gunung Rinjani.

Ratusan relawan dari 25 organisasi pecinta alam ikut serta dalam kegiatan itu. “Para relawan ini kita bagi dalam tiga jalur untuk melakukan clean up, yakni jalur Sembalun, Torean, dan Senaru,” ucap Kuswandi Harun dari Organisasi Stuk Rinjani Mountain selaku Koordinator Acara Rinjani Meriri, Senin (27/12).

Sampah yang dikumpulkan sendiri tak hanya yang berada di jalan setapak saja, akan tetapi para relawan juga mengumpulkan sampah yang berada di tebing. Hal itu dilakukan untuk memastikan Gunung Rinjani bebas sampah.

“Para relawan juga mengumpulkan sampah yang tersembunyi di tebing, ini bentuk tekad dan kerja keras kita demi kebersihan gunung kita tercinta,” katanya.

- Advertisement -

Para relawan berhasil menemukan sekitar lima ton sampah plastik dari Gunung Rinjani. Sampah tersebut langsung dibawa balik oleh para porter yang kemudian nantinya akan diolah.

“Kita akan olah itu nantinya, kita tidak akan lakukan pembakaran,” jelasnya.

Langkah tersebut juga dilakukan untuk memberikan edukasi dan menyadarkan para pendaki akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Serta melakukan evaluasi SOP pendakian Gunung Rinjani bagi para pengunjung.

“Ini juga dilakukan sekaligus untuk evaluasi SOP oleh TNGR agar lebih baik ke depannya,” tuturnya.

Terpisah, Kepala TNGR, Dedy Asriady mengucapkan terima kasih kepada para relawan dari organisasi pecinta alam yang telah ikut mengambil bagian dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

“Apresiasi kepada volunteers Kelompok Pecinta Alam yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Dedi juga mengatakan kegiatan tersebut juga sebagai evaluasi untuk SOP pendakian dan lainnya. Ke depan kegiatan tersebut akan terus dilakukan setiap tahunnya. “Insyaallah akan kita coba laksanakan seterusnya,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer