Masalah Genangan hingga Kemacetan, Sirkuit Lantan 459 Akan Terus Dibenahi

83
Genangan yang terjadi di ruas jalan menuju sirkuit Lantan 459 International Motocross Circuit (Inside Lombok/Fahri)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Lantan 459 Internasional Motocross Circuit telah resmi diluncurkan 9 Mei kemarin. Namun hingga saat ini masih ada sejumlah fasilitas sirkuit motocross di Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah tersebut yang perlu dibenahi.

Pada saat acara peluncuran resmi sirkuit di Senin sore, misalnya, hujan lebat yang mengguyur mengakibatkan genangan air di sejumlah titik. Hal tersebut diduga karena minimnya drainase.

“Pembangunan ini akan berlanjut. Tidak terhenti sampai kemarin (saat peluncuran resmi), pembangunan sarana dan prasarana dan drainasenya,” kata Sekda Lombok Tengah, L. Firman Wijaya saat dikonfirmasi, Rabu (11/5/2022) di Praya.

Selain itu, meski tidak terlalu lama, sempat terjadi kemacetan saat para penonton keluar dari area parkir sirkuit. “Kapasitas jalannya yang tidak memenuhi, jadi harus ada pengatur lalu lintas secara ketat,” kata Sekda.

Diketahui, Lantan 459 Internasional Motocross Circuit dijadwalkan akan menggelar Kejuaraan Nasional pada November mendatang. Untuk itu diperlukan persiapan yang lebih matang dengan fasilitas pendukung yang lebih memadai.

“Kita akan bangun jembatan yang ada di Tanak Embang, dan pelebaran jalan dari Tanak Embang sampi Lantan,” jelas Sekda. Terkait pembangunan paddock dan tribun penonton, disebutnya masih belum akan dilakukan. “Ini kan sambil jalan kita lihat kemampuan anggaran,” tutupnya. (fhr)