Menteri ESDM Pastikan Pasokan Listrik di Mandalika Siap untuk WSBK

Kunjungan ke Sirkuit Mandalika, Kamis (16/9/2021). (Inside Lombok/istimewa)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif berkunjung ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kamis (16/9/2021).

Kunjungan ini merupakan salah satu bentuk dukungan Kementerian ESDM terhadap pengembangan KEK Mandalika sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) sekaligus memastikan kecukupan pasokan energi listrik untuk The Mandalika termasuk pada saat event World Superbike (WSBK).

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan bahwa jumlah energi listrik yang disuplai PT PLN (Persero) untuk kawasan The Mandalika, khususnya menyambut perhelatan event balap motor internasional WSBK dan MotoGP, agar dapat memenuhi kebutuhan.

“Sistem back up UPS juga harus disiapkan untuk Kawasan The Mandalika. Secara keseluruhan, melihat perkembangan JKK yang ada di The Mandalika ini sudah bagus dan mudah-mudahan siap pada bulan November mendatang,” tutur Arifin

Seperti diketahui, PT PLN (Persero) telah menyiapkan listrik untuk kebutuhan kelistrikan di JKK sebesar 5,19 MVA. Penyediaan listrik ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian Surat Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) antara ITDC dan PT PLN (Persero) pada tanggal 30 Juni 2021 di Balawista, The Mandalika.

Direktur Operasional dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo mengatakan, kunjungan Menteri ESDM itu adalah dukungan kepada ITDC dalam mewujudkan The Mandalika sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, juga memastikan kelancaran persiapan event WSBK pada November mendatang.

Arifin didampingi Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Ricky Baheramsjah dan Direktur Strategi dan Komunikasi MGPA Happy Harinto, berdiskusi mengenai progres pengembangan kawasan dan dukungan yang diperlukan dari Kementerian ESDM.