Mulai Dijual 18 Oktober, Harga Tiket WSBK Diperkirakan Lebih Rp1 Juta

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat meninjau Sirkuit Mandalika, Kamis (14/10/2021) kemarin. (Inside Lombok/Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok) -Kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) siap digelar pada 19-21 November mendatang di Sirkuit Mandalika. Jumlah penonton yang dibolehkan menghadiri ajang balap motor internasional tersebut dibatasi 25 ribu orang.

Kendati demikian, harga tiket WSBK sampai saat ini belum disampaikan secara resmi. Namun Gubernur NTB, Zulkieflimansyah memperkirakan harga tiket WSBK di Sirkuit Mandalika akan lebih dari Rp1 juta.

Ketentuan harga tersebut menurut Gubernur dipengaruhi jumlah penonton yang dibolehkan datang, yaitu sekitar 25 ribu orang dari kapasitas mencapai 35 ribu penonton lebih.

“WSBK harga tiketnya setahu saya lebih dari Rp1,3 juta kalau tidak salah. Karena awalnya itu asumsi penonton 30 ribu orang, artinya bisa lebih murah. Kalau 25 ribu (orang penonton), artinya akan lebih mahal,” jelasnya. Menurut Gubernur, harga tiket tersebut masih dalam proses evaluasi.

Di sisi lain, untuk penonton untuk gelaran Asia Talent Cup (ATC) yang akan berlangsung 12-14 November mendatang juga dibatasi 25 ribu orang. Di mana 10 ribu orang akan mendapatkan tiket gratis yang diperuntukan bagi anak-anak muda dan warga sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang ingin menyaksikan balapan.

Tiket gratis ATC rencananya akan diberikan kepada tenaga kesehatan dan vaksinator, wartawan, dan para atlet yang bertanding di PON XX Papua 2021. Sisanya 15 ribu akan dijual oleh tim MGPA. “Saya akan upayakan semoga lebih banyak yang ikut di dalam tiket gratis ini,” tandas Gubernur.

Senada, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat meninjau Sirkuit Mandalika, Kamis (15/10) kemarin menjelaskan penjualan tiket nonton WSBK sudah bisa dilakukan pada 18 Oktober mendatang. Baik melalui online maupun onsite atau langsung di tempat.

“Panitia sudah bisa membuka (penjualan) tiket tanggal 18 (Oktober). Syarat (penonton) dosis dua kali vaksin,” jelas Airlangga. Diakuinya, keindahan alam di Sirkuit Mandalika menjadi daya tarik tersendiri untuk gelaran WSBK di NTB. Terlebih di tikungan ke-10 sirkuit yang merupakan tikungan paling tajam dengan pemandangan perbukitan di kawasan tersebut.