Ngeri, Kabel Listrik Berserakan di Sawah Warga di Lombok Tengah

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Kondisi tiang listrik di sejumlah wilayah di Kabupaten Lombok Tengah masih belum layak. Di beberapa desa, tiang listrik masih menggunakan bambu, seperti yang terjadi di Dusun Bukit Jatun Desa Belaka Kecamatan Praya Timur.

Kondisi bambu yang menopang kabel-kabel tersebut juga sudah lapuk. Sehingga menyebabkan tiang oleng ke tengah sawah. Bahkan, di beberapa bagian terlihat kabel berserakan di tengah sawah milik warga.

Hal itu tentunya sangat berbahaya karena bisa membuat warga tersengat aliran listrik.

“Ini sangat meresahkan. Ini sudah lama sekali. Kalau hujan angin kabel ini jatuh ke tengah jalan dan terendam sama air sawah makanya sangat mengkhawatirkan,”kata salah satu pemuda Desa Belaka, Jopi kepada Inside Lombok, Selasa (26/1/2021).

Dia mengatakan, sampai saat ini kabel listrik tersebut memang belum memakan korban. Akan tetapi, kalau kondisi itu dibiarkan terus menerus tidak menutup kemungkinan akan jatuh korban.

“Soalnya kabel ini menyentuh ke sawah masyarakat dan sampai ke irigasi. Ini sudah lama sekali sampai bambunya melepuh makanya sudah banyak bambu yang diganti,”katanya.

Dia berharap PLN segera membangun tiang listrik agar keamanan masyarakat terjamin. Sementara itu, Manager PLN Unit Layanan Pelanggan Praya, Zamrun Haji dikonfirmasi mengenai persoalan tersebut mengatakan, pihaknya akan turun untuk mengecek kondisi di lapangan.

“Petugas kami akan turun survey. Hasil survey lokasi kami tindaklanjuti dengan bersurat ke UP3 Mataram untuk pembangunan jaringan,”ujarnya.