NTB Aman Dari Penyebaran Virus Corona

Kepala Dinas Kesehatan NTB, dr.Hj Nurhandini Eka Dewi (kanan) didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik NTB, Gde Aryadi (kiri). (Inside Lombok/ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (Inside Lombok) – Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat memastikan hingga kini provinsi itu bebas dari virus corona atau  Coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Kepala Dinas Kesehatan NTB, dr.Hj Nurhandini Eka Dewi, Selasa mengatakan para mahasiswa yang diobservasi di RSUD Provinsi NTB satu per satu sudah bebas masa observasi.

“Tanggal 18 Februari, mahasiswa yang diobservasi dikeluarkan dalam jumlah banyak,” ujarnya didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik NTB, Gde Aryadi di Posko Waspada Penyebaran Virus Corona di Kantor Gubernur NTB di Mataram.

Ia menjelaskan, terdapat 29 orang mahasiswa yang pulang dari China yang dilakukan observasi di Graha Mandalika RSUD Provinsi NTB. Termasuk 3 orang yang dievakuasi dari Wuhan oleh Pemerintah Pusat melalui Natuna.

Dari 29 orang tersebut, kata dr. Eka sapaannya, 9 orang di antaranya telah selesai masa observasi 14 hari sehingga sudah pulang ke keluarga masing-masing.

“Mereka semua sehat dan prima,” tegasnya.

Sedangkan 18 orang lainnya, menurut mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah ini akan dipulangkan dari Graha Mandalika pada tanggal 18 Februari dan 2 orang tanggal 21 Februari 2020, sesuai dengan akhir masa observasinya selama 14 hari sesuai SOP.

Ditanya mengenai kelanjutan kuliah bagi mahasiswa yang dipulangkan tersebut, dr. Eka menjelaskan meski mereka pulang, namun studinya tetap berlanjut. Mereka yang pulang ke Indonesia tetap menjalani kuliah secara online atau daring.

“Mereka tetap belajar sampai di Indonesia,” katanya. (Ant)