Patroli di Lombok, Pangkoops AU Terjunkan Empat Pesawat Tempur

Pangkoops AU II, Marsda TNI Minggit Tribowo saat tiba di Bandara Lombok, Rabu (9/9/2020). (Inside Lombok/Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok)-Panglima Komando Operasi (pangkoops) TNI AU II Marsda TNI Minggit Tribowo memimpin langsung operasi patroli di pulau Lombok, Rabu (9/9/2020).

Patroli dilakukan untuk memastikan wilayah Lombok aman dari berbagai ancaman yang ada.

“Telah landing empat pesawat tempur bagian dari tugas untuk memastikan wilayah kita aman”,kata Pangkoops AU, Marsda TNI Minggit Tribowo saat tiba di Bandara Lombok.

Selain itu, dalam patroli juga turut dibawa beberapa penerbang. Dia berharap pengembangan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Zainuddin Abdul Majid (ZAM) bisa mendukung bisa mendukung tugas-tugas TNI AU.

“Terutama kekuatan udara seperti ini”,katanya.

Dia juga berharap pengadaan alutsista menjadi prioritas pemerintah karena kekuatan perlu dibangun agar pertahanan negara di bagian angkatan udara bisa lebih maksimal.

Saat ini pihaknya sedang menunggu pengganti pesawat F5 yang sekarang sedang dibahas oleh pemerintah pusat yang berada di Lanud Iswahyudi Madiun.

“Kita berharap pengganti pesawat tempur itu segera terealisasi agar memperkuat kekuatan udara”,imbuhnya.

Untuk kekuatan udara saat ini memiliki kemampuan yang memadai. Namun, diharapkan ada peningkatan jumlah dan kemampuan pesawat seiring dengan peningkatan kekuatan negara tetangga.

“Sehingga upgrade pesawat sangat penting. Itu harapan kita”,katanya.

Saat ini sudah mulai juga program pengembangan kemampuan pesawat, diantaranya adalah pesawat F-16 AB sudah diupgrade sehingga memiliki teknologi yang lebih maju

“Harapan ini terus ditingkatkan agar TNI bisa meningkatkan kekuatan menghadapi ancaman yang ada”,katanya.

Adapun untuk Lanud ZAM, menjadi sangat penting kalau didukung dengan landasan dan sarana prasarana yang ada. Dia berharap agar pengembangan apron tetap berlanjut. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk kekuatan udara.