25.5 C
Mataram
Selasa, 27 Februari 2024
BerandaBerita UtamaPDAM Klaim Pasokan Air Bersih Aman Saat MotoGP

PDAM Klaim Pasokan Air Bersih Aman Saat MotoGP

Lombok Tengah (Inside Lombok)-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Tengah (Loteng) mengaku siap menyuplai kebutuhan air bersih. Khususnya selama perhelatan MotoGP digelar di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret mendatang.

Plt. Dirut PDAM Loteng, Bambang Supratomo mengatakan ada dua sumber air yang akan dialirkan untuk memenuhi kebutuhan air saat MotoGP. Antara lain reservoir (penampung air bersih) dengan kapasitas Jurang Pepe 750 meter kubik dan Lengser 500 meter kubik.

“Kita sudah uji alir, Alhamdulillah 95 persen sudah siap,” ujarnya, Selasa (8/3/2022).

Lebih lanjut pihaknya juga menyiapkan alternatif sumber dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Penjuak dan IPA Tiwu Lempanas di Desa Lantan.

- Advertisement -

“Jadi pada prinsipnya kami sudah siap untuk suplai air bersih saat MotoGP,” jelas Bambang.

Sejatinya, pasokan air bersih untuk Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika sudah disiapkan oleh pemerintah pusat melalui Bendungan Pengga yang ada di Kecamatan Praya Barat Daya. Akan tetapi proyek pengerjaannya masih belum tuntas. Sehingga belum bisa dimanfaatkan.

“Dari total kapasitas terpasang itu 200 liter per detik, 75 persen untuk kawasan KEK Mandalika dan sisanya untuk kawasan penyangga,” tandasnya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer