Pelaku Pariwisata di Lobar Mulai Vaksinasi Covid-19 Booster

61
Vaksinasi booster yang diikuti para pelaku wisata dan masyarakat secara umum, tidak terkecuali juga WNA yang ada di Lobar. Rabu (19/01/2021). (Inside Lombok/Yudina Nujumul Qur'ani).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Pemberian vaksin Covid-19 ketiga atau booster mulai dilakukan secara menyeluruh, termasuk di Lombok Barat (Lobar). Dinas Kesehatan (Dikes) Lobar menyiapkan sekitar 300 dosis vaksin Pfizer saat launching program tersebut di Aruna Senggigi, Rabu (19/01).

“Sasarannya para pelaku wisata yang ada di Senggigi, bersama pejabat dari Pemda Lobar dan perwira dari Polres Lobar,” jelas Kabid P3KL Dikes Lobar, dr. H. Ahmad Taufik Fathoni, Rabu (19/01/2022). Kendati demikian, beberapa warga negara asing (WNA) juga terlihat mengikuti program tersebut.

Dari data yang dicatat pihaknya, untuk vaksinasi booster ini sudah ada 200 lebih warga Lobar yang tervaksin. Mengingat vaksinasi booster ini pertama kali diselenggarakan di Sekotong pada (12/01) lalu, yang diikuti oleh puluhan masyarakat.

Karena fokus sasaran vaksin booster adalah Lansia, Dikes lebih melakukan pendekatan melalui Posyandu keluarga yang ada. Sembari memberi sosialisasi, bahwa vaksin booster ini hanya bisa diikuti oleh orang yang telah enam bulan vaksin dosis kedua.

“Bisa divaksin walaupun kurang dari enam bulan, tapi kekunci dan datanya gak bisa dientri di Peduli Lindungi. Karena di sana syaratnya enam bulan dan harus membawa e-tiket untuk vaksin,” paparnya.

Marketing Communications Manager Aruna Senggigi, Mayang Kristi mengaku pihaknya berupaya mendukung agar karyawan di sana untuk bisa segera mengikuti vaksinasi booster secara keseluruhan.

“Karyawan kita yang sudah vaksin 73 orang, sisanya masih belum dapat tiket karena belum lulus screening,” ungkap perempuan berkacamata tersebut.

Program tersebut diakuinya sebagai salah satu upaya memberi rasa aman bagi para pengunjung. Terutama, saat musim MotoGP pada Maret mendatang. Karena kamar hotel di Aruna sendiri full booking di musim event tersebut.

“Target kami 100 persen karyawan menerima booster. Seperti yang terdahulu, Aruna selalu menjadi yang pertama karyawan 100 persen divaksin di area Lombok Barat,” bebernya. Pihaknya berharap, target itu bisa segera terealisasi sebelum MotoGP.

Sementara itu, Kapolres Lobar, AKBP Wirasto Adi Nugroho saat ditemui usai menerima vaksin booster mengaku akan memprioritaskan pihak-pihak yang bersentuhan langsung dengan layanan publik untuk segera divaksin.

“Hari ini fokus kepada masyarakat, kemudian pelaku usaha yang nantinya akan bersinggungan langsung dengan pelaksanaan MotoGP. Apalagi Senggigi sudah ramai di-booking wisatawan,” tegas Wirasto.

Setelah ini, pihaknya akan memprioritaskan vaksin booster untuk petugas pelabuhan. “Karena nantinya (pelabuhan) menjadi pintu masuk baik penumpang maupun kargo dalam pelaksanaan MotoGP,” pungkasnya. (yud)