Pelindo Lembar Raih Penghargaan Pelabuhan Sehat dari Kemenkes

54
Kondisi terminal penumpang di Pelabuhan Gili Mas, Lembar (Inside Lombok/Istimewa)

Lombok Barat (Inside Lombok) – Pelabuhan Pelindo Lembar raih penghargaan sebagai pelabuhan sehat tahun 2022 dari kementerian kesehatan RI. Hal ini pun mampu diraih berkat upaya dan kerja keras Pelindo Lembar, khususnya terminal penumpang Gili Mas yang telah berhasil mewujudkan lingkungan sehat di area pelabuhan.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono dan diterima langsung oleh General Manager (GM) Pelindo cabang Lembar, Baharuddin di Jakarta, pada Rabu (23/11) malam, yang diberikan sekaligus dalam peringatan Hari Kesehatan 2022.

Usai menerima penghargaan, GM Pelindo Lembar, Baharuddin mengungkapkan rasa syukurnya atas predikat pelabuhan sehat dari Kemenkes tersebut. “Apresiasi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan ini mendorong kami agar tetap menjaga lingkungan pelabuhan terjaga kebersihannya dan juga agar terhindar dari penyakit yang berasal dari lingkungan,” ungkapnya, Rabu (23/11/2022) malam.

Ia mengaku, selama ini pihaknya tidak hanya sekedar menjaga kebersihan di lingkungan terminal yang dikelola. Tetapi juga dalam pengoperasiannya, mereka selalu berupaya menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat bagi seluruh penumpang yang singgah.

Sementara itu, Wamenkes menyebutkan, penghargaan tersebut sebagai salah satu bentuk pembinaan dan advokasi dalam mendorong keberhasilan program. Karena dapat menstimulasi penyelenggaraan kesehatan lingkungan serta apresiasi terhadap kinerja pemerintah daerah, petugas kesehatan lingkungan, pelaku usaha, institusi, hingga tokoh masyarakat.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap komitmen dan implementasi aksi setiap Provinsi, Kabupaten/Kota, institusi, penyelenggara pelayanan, petugas dan masyarakat yang terus meningkat untuk mewujudkan lingkungan yang sehat,” kata Dante.

Dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 ini, Kemenkes telah memberikan penghargaan bidang kesehatan lingkungan kepada sejumlah pemerintah daerah, institusi dan masyarakat. Yang selama ini telah berkontribusi dalam pembangunan kesehatan.

Pada tahun 2022 ini, total ada empat penghargaan yang diberikan, yaitu Provinsi dan Kabupaten/Kota yang berhasil dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), kemudian Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat (PBUS), Rumah Sakit yang mewujudkan lingkungan yang sehat dan Sentra Pangan Jajanan/Kantin yang memenuhi syarat Higiene Sanitasi. (yud)