Pemandu Wisata di Lotim Dilatih Surfing di Pantai Suryawangi

58
Para pemandu wisata yang mengikuti pelatihan surfing, Kamis (19/05/2022). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Puluhan pemandu wisata yang ada di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mendapatkan pelatihan selancar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Lotim.

Plt. Kepala Dispar Lotim, Widayat mengatakan pelatihan surfing bagi para pemandu wisata ini merupakan rangkaian pelatihan yang akan dilaksanakan oleh pihaknya. Selain surfing, ada 6 pelatihan lainnya yang direncanakan.

“Jadi ini adalah rangkaian awal, dan kita pilih pelatihan surfing ini di Pantai Suryawangi, Labuhan Haji dan sekitarnya karena menurut penuturan dari pelatih surfing lokasi ini adalah yang terbaik untuk pemula,” jelasnya kepada Inside Lombok, Kamis (19/05).

Adapun pemandu wisata yang berminat mengikuti pelatihan surfing ini sangat banyak. Akan tetapi pihak Dispar membatasi jumlah pesertanya dan hanya dapat diikuti oleh peserta yang memiliki KTP saja. Sehingga pelatihan surfing kali diikuti oleh peserta sebanyak 46 orang.

“Peselancar kita di Lotim ternyata sangat banyak, dan dengan ini kita dapat memunculkan para peselancar kita,” katanya. Kegiatan pelatihan bagi pemandu wisata itu dilaksanakan dari tanggal 16-19 Mei 2022 dengan lokasi pemusatan di Pantai Suryawangi.

“Tentunya latihan yang sesungguhnya itu setelah pelatihan ini dilaksanakan, karena di sini kita membagi dasar-dasar dalam surfing yang diisi oleh pelatih-pelatih yang kompeten,” pungkasnya. (den)