Pembanguan RTG Korban Gempa Loteng Sudah Rampung

Lombok Tengah (Inside Lombok)- PLT Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Tengah, H. Ridwan Makruf menyebut pembangunan Rumah Tahan Gempa (RTG) tahap dua sudah rampung. Semua korban gempa yang terdata kini bisa tinggal dengan nyaman di rumah yang sudah dibangun.

“RTG sudah selesai. Jumlahnya 26 ribuan tuntas semua Insya Alloh. Dan kita yang terbaik kedua setelah Kota Mataram. Sekarang keuangan kita sedang diaudit oleh pusat,” kata Ridwan, Rabu (9/6/2021).

Saat ini pembangunan RTG tersebut sedang tahap penyusunan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) oleh fasilitator. Kalau LPJ tersebut belum tuntas, gaji fasilitator tidak akan dibayarkan meskipun dana untuk pembayaran gaji tersebut sudah siap.

Penyelesaian pembangunan RTG ini memang meleset dari target awal yakni pada bulan April lalu. Akan tetapi, saat ini pembangunanannya diklaim sudah tuntas sesuai dengan perpanjangan waktu yang diminta ke pusat pada akhir Mei lalu.

Setelah pembangunan RTG tahap dua ini tuntas, maka selanjutnya akan dipersiapkan pembangunan RTG lain yang belum tersentuh bantuan. “Karena RTG ini kan masih banyak kita yang belum (dibangun),” katanya.

Jumlah RTG yang sampai saat ini belum tersentuh bantuan sekitar sembilan ribu. Pihaknya berharap pembangunan RTG di Loteng ini menjadi prioritas pemerintah pusat. Sehingga warga yang terdampak gempa bisa segera memiliki hunian yang nyaman kembali.