Pembukaan Peti Kemas Ducati, MGPA: Prosedur Custom Clearance

Pembongkaran peti kemas milik Ducati (Inside Lombok/ist)

Jakarta (Inside Lombok) –

Sebuah video viral memperlihatkan pembukaan peti kemas motor peserta event Idemitsu Asian Talent Cup 2021 dan World Superbike (WSBK) 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Menanggapi video tersebut, Direktur Strategis dan Komunikasi MGPA, Happy Harianto menerangkan pembukaan peti kemasi motor milik tim Ducati yang sempat viral merupakan bagian dari prosedur standar. Yaitu custom clearance atau pemeriksaan bea cukai yang harus dilakukan.

Diterangkan, seluruh barang yang dibawa masuk Dorna ke Indonesia harus melalui pemeriksaan sebelum diizinkan digunakan. Di mana untuk pemeriksaan harus dibuka oleh pemilik barang dan/atau dibuka oleh pihak forwarder yang mengurus impor/ekspor barang tersebut dengan izin dari pemilik, yaitu Dorna.

Saat pemeriksaan dilakukan, peti kemas berisi motor tim Ducati dibuka oleh forwarder dengan disaksikan oleh pihak Dorna dan Bea Cukai. pemeriksaan barang dilakukan untuk memastikan bahwa barang yang dibawa masuk ke Indonesia sesuai dengan master list.

Hasil pemeriksaan ini nantinya akan menjadi dasar pemeriksaan atas barang-barang yang akan dibawa keluar dari Indonesia saat event selesai, apakah sesuai dengan jumlah dan jenis barang yang dibawa masuk.

“Sangat disayangkan di saat pemeriksaan dilakukan, ada pihak yang tidak berkepentingan dan tidak mengerti proses yang berlangsung, mengambil gambar dan mem-viralkan dengan isi berita yang tidak sesuai,” ujar Happy, dikuti dari pernyataan resminya yang diterima Inside Lombok, Kamis (11/11).

Pihaknya menekankan petugas yang terekam dalam video viral tersebut bukanlah karyawan MGPA. “saya pastikan proses pemeriksaan dilakukan sesuai dengan prosedur. Ini event yang sangat penting yang membawa nama negara ke dunia. Karenanya kami berusaha tertib dalam melaksanakannya,” jelasnya.

Executive Director Dorna WSBK Organization, Gregorio Lavilla disebutnya memahami insiden yang terjadi di lapangan terjadi akibat antusiasme yang tinggi menyambut kehadiran event WSBK di Mandalika. Bagi pihaknya dan Tim Ducati yang paling penting saat ini, event WSBK bisa berlangsung dengan sukses di Indonesia. (r)