Pemerintah Mulai Rekrut Anggota KPU dan Bawaslu RI

sosialisasi pelaksanaan seleksi calon anggota KPU dan calon anggota Bawaslu RI masa jabatan 2022-2027, Jum’at (12/11). (Inside Lombok/Azmah)

Mataram (Inside Lombok) –

Pendaftaran Calon Anggota KPU dan Bawaslu Masa Jabatan 2022 – 2027 sudah dibuka sejak bulan Oktober lalu. Hal ini berdasarkan, Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 120/P TAHUN 2021 tertanggal 8 Oktober 2021.

Sekretaris Ditjen Politik & Pemerintahan Umum Kemendagri, Dr. Imran, M.Si, M.A, Jum’at (12/11) saat membuka sosialisasi pelaksanaan seleksi calon anggota KPU dan calon anggota Bawaslu RI masa jabatan 2022-2027, mengatakan, Tim Seleksi akan bekerja untuk menghasilkan 14 nama Calon Anggota KPU dan 10 nama Calon Anggota Bawaslu yang akan diserahkan kepada Presiden selama 3 bulan sejak tim seleksi dibentuk.

“ini sesuai dengan ketentuan Pasal 23 ayat (4) dan Pasal 119 ayat (4) UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,” katanya.

Dijelaskannya, tahapan seleksi akan dimulai dengan pengumuman pendaftaran seleksi bakal calon anggota KPU dan Bawaslu mulai tanggal 18 Oktober 2021 s.d 15 November 2021. “Bekerja secara profesional dan independen, untuk menambah bobot kualitas seleksi,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Tim Seleksi mengundang para kandidat yang memenuhi persyaratan dan memiliki kepedulian segera mendaftarkan diri. Untuk mewujudkan Pemilihan Umum berintegritas demi masa depan Indonesia yang demokratis.

Sementara itu, Perancang Perundang-undangan Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum pada Kementerian Dalam Negeri, Sukarni M.H. mengatakan, sosialisasi sudah dilakukan beberapa kali mulai pada Oktober lalu. Berdasarkan data yang ada, hingga 12 November ini jumlah pendaftar untuk calon anggota KPU sebanyak 285 orang dan Bawaslu sebanyak 214 orang.

“Kita akan menjaring banyak kandidat ya. Karena tentu pelaksana itu harus banyak pilihan-pilihan timsel. Kenapa masih 200 pendaftar, timsel sudah melibatkan berbagai sektor,” katanya.

Masih adanya masa pendaftaran ini lanjut Sukarni, bisa dimanfaatkan untuk mendaftarkan diri. Karena pendaftaran bisa langsung melalui online pada link yang sudah ada. “Jadi siapa yang mau daftar masih ada waktu,” katanya. (azm)