Pemkab Lombok Tengah Habiskan Rp11 Miliar untuk Dua Juta Masker

294
Sebagian pedagang di pasar Renteng Praya yang masih tidak mengenakan masker, Kamis (14/05/2020). (Inside Lombok/Ida Rosanti)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah mengalokasikan anggaran mencapai Rp 11 miliar untuk pengadaan dua juta masker untuk masyarakat. Untuk tahap pertama, realisasi pembagian masker tersebut sudah mencapai satu juta lembar. Sementara sisanya masih dalam proses produksi.

“Sisa satu juta masker sedang dalam proses produksi. Diharapkan pendistribusiannya bisa tuntas pada tanggal 17 Mei ini”,kata juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Lombok Tengah, H Lalu Herdan kepada Inside Lombok, Kamis (14/5/2020) di Praya.

Dia melanjutkan, masker yang diberikan kepada masyarakat diserahkan melalui 14 kecamatan yang ada di Lombok Tengah. Pihak kecamatan selanjutnya membagi ke semua desa dan kelurahan. Sehingga saat ini semua masyarakat sudah memperoleh satu lembar masker.

“Semua masyarakat akan diberikan dua masker. Sekarang baru satu semua sudah dapat”, lanjutnya.

Lalu Herdan juga mengatakan bahwa pengadaan dua juta masker yang diproduksi oleh UMKM Lombok Tengah ini dikawal dan diawasi oleh pihak kejaksaan untuk memastikan kualitasnya. Per pcs masker dibeli seharga Rp5.500.

Dia menerangkan, begitu distribusi masker tuntas 100 persen, tim gugus tugas Covid-19 Lombok Tengah akan menggencarkan razia masker. Hal itu dilakukan agar masyarakat selalu mengenakan masker untuk memutus penyebaran pandemi Covid-19. “Sudah dibagikan masker jadi seharusnya tetap dipakai”,tutupnya.

Jadi untuk tahap pertama, sejumlah 1 juta masker itu sudah dibagi ke semua desa. Jadi masing-masing masyarakat kita sudah dapat satu masker.

Setelah pembagian masker tuntas 100 persen akan diterapkan razia masker secara berkala.