Pemkot Mataram Kurangi Partisipasi Peserta Saat Peringatan HUT RI

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan mengurangi jumlah partisipasi peserta dan tamu undangan, baik mitra kerja maupun tamu dari unsur masyarakat, saat peringatan HUT Ke-75 RI pada 17 Agustus 2020, sebagai bentuk dukungan pemerintah kota dalam memutus penyebaran COVID-19.

“Bahkan untuk jajaran Pemerintah Kota Mataram menjadwalkan akan mengikuti peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 2020, di tengah pandemi COVID-19, pada pukul 11.00 Wita, di aula pendopo yang akan terhubung dengan Istana Merdeka melalui video conference (vidcon),” kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram L Martawang di Mataram, Senin.

Pernyataan itu disampaikan di sela kegiatan rapat persiapan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 RI dan HUT Ke-27 Kota Mataram pada 31 Agustus 2020, bersama sejumlah piminan organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kota Mataram.

Akan tetapi, katanya, pelaksanaan tradisi upacara HUT RI di halaman kantor wali kota direncanakan akan digelar secara terpusat dan dilakukan dengan sederhana sesuai edaran Gubernur NTB Nomor 003.i/ 157/ HP/ 2020 tentang Pedoman Peringatan HUT Ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI.

“Upacara dimulai sekitar pukul 08.00 Wita, dengan jumlah peserta, tamu dan partisipasi masyarakat yang terbatas,” katanya.

Sementara itu, sambungnya, peringatan HUT Kota Mataram pada tanggal 31 Agustus 2020, terbagi menjadi tiga kegiatan utama, yakni upacara bendera secara sederhana, tasyakuran di Aula Pendopo Wali Kota Mataram yang akan dilakukan sesuai protokol COVID-19 dan acara terakhir bakti sosial yang rencananya dilaksanakan di panti asuhan.

Terkait dengan itu, untuk mematangkan persiapan teknis, telah dibentuk panitia yang diketuai oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Mataram H Rudi Suryawan dan seluruh pimpinan OPD sebagai panitia penyelenggara Peringatan HUT ke-75 RI dan HUT Ke-27 Kota Mataram.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram I Nyoman Swandiasa sebelumnya, mengatakan, kegiatan upacara peringatan HUT RI di Pemerintah Kota Mataram dilaksanakan dengan mempedomani protokol kesehatan COVID-19.

“Kami tetap akan menggelar upacara peringatan HUT Ke-75 RI di Halaman Kantor Wali Kota Mataram, tapi tetap berpegang pada standar protokol kesehatan COVID-19,” katanya.

Dengan mempedomani standar protokol kesehatan COVID-19, katanya, jumlah peserta yang akan mengikuti upacara sekitar 100 orang, dengan jarak peserta sesuai ketentuan dan peserta upacara tetap menggunakan masker.

Para peserta, merupakan perwakilan dari pegawai pada puluhan organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kota Mataram, yang tentunya dalam kondisi sehat dan memiliki suhu tubuh di bawah 37,5 derajat celsius.

“Upacara, peringkatan peringatan HUT RI akan dipimpin oleh Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh,” katanya. (Ant)