Pendistribusian BOS SD di Lotim Sudah 70 Persen

Kabid Pembinaan Sekolah Dasar, Hadi Jayari saat ditemui awak media, Selasa (14/09/2021). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Memasuki catur wulan (Cawu) ketiga, penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk sekolah dasar (SD) di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) sudah mencapai 70 persen.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Hadi Jayari. Adapun anggaran dana BOS bagi SD di Lotim mencapai Rp100 miliar lebih.

“Sisa tinggal 30 persen, 70 persennya sudah terealisasi,” ucapnya.

Adapun dana BOS yang sudah disalurkan tersebut disesuaikan dengan peruntukannya, nantinya di bawah 50 persen dana BOS tersebut diperuntukkan bagi gaji guru.

“Itu menjadi prioritas karena keterbatasan guru kita, aturan itu masih berlaku kalau tidak salah di bawah 50 persen dana BOS diperuntukkan bagi guru,” jelasnya.

Adapun sekolah penerima dana BOS itu sendiri memiliki beberapa kriteria, salah satunya jumlah siswa minimal 60 orang. Kendati demikian, sekolah yang memiliki siswa di bawah 60 orang juga bisa mendapatkan dana BOS, namun memiliki kriteria 3T (terpencil, terluar, dan terjauh).