Perekrutan PPPK dan PNS Tahun 2021 Diprioritaskan Guru dan Nakes

Lombok Timur (Inside Lombok) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lombok Timur, pada tahun 2021 kembali melaksanakan rekrutmen tenaga honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) dan Pegawai Negeri Sipil ( PNS). Rekrutmen ini memprioritaskan tenaga kesehatan dan juga guru.

Kepala BKPSDM Lotim Salmun Rahman mengatakan, hasil koordinasi yang dilaksanakan bersama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun, sampai saat ini belum ditentukan kapan waktu pelaksanaanya, maupun jumlah kuota rekrutmen.

“Kita masih menunggu informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN),” terang Salmun di ruangannya, Selasa (16/02/2021).

Sejauh ini pihak BKPSDM sudah mengajukan kouta kebutuhan ASN di Lotim. Kendati demikian, untuk jumlah kouta yang diterima nantinya akan ditentukan oleh BKN langsung, bukan berdasarkan data kebutuhan ASN yang dibutuhkan.

“Biasanya separuh kuota yang kita ajukan yang diberikan,” ujarnya.

Dari hasil koordinasi dengan Kemendagri, pada rekrutmen tahun 2021 ini memprioritaskan formasi guru dan tenaga kesehatan. Namun dirinya berharap formasi lainnya juga bisa dibuka, mengingat Lotim juga membutuhkan tenaga teknis.

Dikatakan Salmun, rekrutmen tenaga honorer menjadi PPPK itu nantinya akan memprioritaskan tenaga honorer yang sudah lama mengabdi. Baik guru honorer, tenaga pendidik, pegawai daerah maupun honorer umum lainnya.

” Yang penting nanti mereka mengikuti mekanisme rekrutmen,” Imbuhnya.