Perwakilan NTB Juara Satu MTQ Internasional, Presiden Erdogan Ucapkan Selamat

Syamsuri Firdaus (Inside Lombok/Humas NTB)

Mataram (Inside Lombok) – Nusa Tenggara Barat perlu berbangga hati memiliki seseorang seperti Syamsuri Firdaus. Pasalnya, putra asli Bima, NTB tersebut berhasil memenangkan juara pertama pada MTQ Internasional ke-7 di Istanbul, Turki. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ucapkan selamat kepada Syamsuri.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/05/2019), menerangkan bahwa Syamsuri berhasil menjadi juara pertama dari sekitar 60-an peserta dari negara Timur Tengah dan Eropa yang mengikuti MTQ Internasional ke-7 tersebut.

“Syamsuri Firdaus dari Nusa Tenggara Barat terpilih menjadi juara 1 dalam tilawah Al-Quran pada MTQ Internasional ke-7 di Turki,” ujar pihak KJRI Istanbul.

Syamsuri sendiri merupakan putra NTB yang lahir di Kota Sila (Kecamatan Bolo), Kabupaten Bima pada 11 April 1999. Saat ini Syamsuri masih tercatat sebagai Mahasiswa Program Bidik Misi pada Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Indonesia.

Selain menjuarai MTQ Internasional ke-7 di Turki, Syamsuri juga pernah menjadi Juara 1 Qori Nasional tahun 2012 kategori anak-anak yang diselenggarakan di Ambon dan Juara 1 MTQ Tingkat Internasional tahun 2013 yang dilaksanakan di Singapura.

MTQ Internasional ke-7 itu sendiri telah dilaksanakan sejak 20 sampai dengan 25 Mei 2019 di Masjid Agung Camlica, Instanbul. Setelah menjuarai MTQ Internasional tersebut, Syamsuri juga berkesempatan diundang oleh Imam Besar Masjid Sultan Ahmed Istanbul untuk mengaji secara langsung di hadapan para jamaah masjid tersebut.

Dalam acara tersebut, penghargaan untuk Syamsuri diberikan lagsung oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan di hadapan para undangan dari Kementerian Agama Turki, Wakil Konsulat Jenderal negara-negara sahabat, termasuk KJRI Istanbul.

Tidak hanya itu. Melalui akun Instagramnya Erdogan juga sempat mengucapkan selamat kepada Syamsuri karena telah menjuarai MTQ Internasional ke-7 yang diselenggarakan di negara yang dipimpinnya tersebut.