Pilkades di Lobar Dipastikan Berjalan Tahun Ini Sesuai Rencana

Kepala DPMD Lobar, Heri Ramadhan. (Inside Lombok/Yudina Nujumul Qur'ani).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Dalam Surat Edaran dari Mentri desa mengenai penggunaan dana desa tahun 2021 dalam Pilkades serentak tahun ini, Lombok Barat tidak masuk dalam daftar daerah di NTB yang akan melaksanakan Pilkades. Karena yang tertera di sana hanya kabupaten Lotim dan Dompu.

Kepala Dinas Permberdayaan Mayarakat dan Desa (DPMD) Lobar, Heri Ramadhan,  mengakui Pilkades Lobar akan berjalan sesuai rencana awal. Yang akan digelar Juli mendatang dan pelantikannya direncanakan pada bulan Agustus.

“Kita (Lobar) masih pada jadwal semula, data yang dari Kemendes mungkin Lombok Barat lupa diketik kayakanya itu” ujar Heri, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin (05/04/2021).

Dirinya menyebut saat ini justru persiapannya sudah mulai berjalan bahkan sosialisasi mengenai regulasi Pilkades di masa pandemi ini pun sudah mulai disosialisasikan. Di mana untuk Lombok Barat sendiri, terdapat 24 desa yang akan menggelar Pilkades serentak tahun ini. Dengan anggaran Rp 3,8 miliar.

Pihaknya pun sudah menerima surat edaran dari Kemdes tersebut. Karena berdasarkan surat dari Kemendagri pada tahun 2020 lalu, Pilkades di seluruh Indonesia sempat ditunda karena pandemi. Hingga kemudian pada akhir 2020 lalu peraturan untuk daerah yang akan menggelar Pilkades tahun ini dibuka kembali. Dengan syarat Prokes harus diterapkan dengan ketat di setiap alur proses pemilihan tersebut. Sehingga dalam hal ini Lombok Barat juga termasuk di dalamnya.

“Insyaallah sudah pasti sesuai jadwal semula, kita termasuk salah satu kabupaten yang akan menggelar Pilkades serentak tahun ini” paparnya.

Dalam rancangan Pilkades Lobar tahun ini, pihak camat, beserta TNI-Polri akan dilibatkan untuk memantau jalannya supaya tetap aman dan berjalan sesuai Prokes.