Puluhan UMKM Dapat Lapak Gratis di Mataram Mandalika Fair

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H. Nizar Denny Cahyadi. (Inside Lombok/Azmah)

Mataram (Inside Lombok) –Puluhan UMKM di Kota Mataram akan dilibatkan dalam kegiatan Mataram Mandalika Fair. Kegiatan tersebut digelar untuk menyambut event World Superbike (WSBK) yang akan dilangsungkan November mendatang.

“Kita sudah melakukan koordinasi. Ini acara dilaksanakan oleh pihak ketiga. Acaranya di Udayana. Minggu depan kami sudah mengumpulkan pihak hotel dan presentasi pihak ketiga bagaimana acaranya nanti,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H. Nizar Denny Cahyadi.

Ia mengatakan, ada 40 UMKM yang akan terlibat pada event tersebut. Di mana masing-masing pemilik usaha bisa langsung mendaftarkan usahanya ke Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Mataram.

Nantinya, UMKM yang sudah mendaftarkan usahanya akan diverifikasi kembali apakah sudah memenuhi persyaratan atau tidak. “Pak Wali minta di sana ada pernak-pernik untuk oleh-oleh WSBK. Ada persyaratan itu juga nanti. Tidak saja kerajinan, pangan olahan juga bisa masuk nanti,” jelas Denny.

Kegiatan Mataram Mandalika Fair akan dilaksanakan di ruang terbuka hijau (RTH) Udayana Mataram. Dalam kegiatan tersebut, pelaku perhotelan juga diminta untuk menyiapkan menu-menu terbaiknya.

“Sebenarnya acaranya di Taman Sangkareang, tapi karena akan dilakukan penataan jadi kita alihkan ke Udayana,” terangnya.

Kegiatan Mataram Mandalika Fair tersebut digelar pada 16 November mendatang, sebelum pelaksanaan WSBK pada tanggal 19-21 November. “Sebelum WSBK kami sudah gelar kegiatan. Agar tamu-tamu yang datang lebih dahulu bisa menikmati acara itu,” harapnya.

Kegiatan ini juga ditujukan untuk membantu pelaku UMKM di Kota Mataram memasarkan produknya. Karena pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2020 lalu sangat berdampak pada usaha yang dijalankan.

Selama kegiatan berlangsung, Pemkot Mataram melalui Dinas Pariwisata Kota Mataram akan menyiapkan lapak bagi pelaku usaha. “Nanti lapak yang disiapkan itu gratis,” tandas Denny.