Ramai Pengunjung, Masalah Kebersihan Masih Butuh Perhatian di Taman Loang Baloq

116
Salah satu tempat sampah di Taman Loang Baloq Mataram. (Inside Lombok/Azmah)

Mataram (Inside Lombok) – Taman Loang Baloq menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kota Mataram. Terlebih lagi saat ini penataan taman kota tersebut sudah rampung dan pengunjung pun mulai ramai datang.

Salah seorang pengunjung asal Lombok Tengah, Lestari mengatakan setelah penataan Taman Loang Baloq, dia merasa lebih nyaman dari sebelumnya saat berkunjung. Menurutnya fasilitas yang disiapkan cukup representatif untuk menghabiskan waktu di sore hari.

“Lebih nyaman dan bagus dari yang dulu. Ada tempat duduk yang cukup luas, jadi enak kita sama keluarga di sini,” katanya kepada Inside Lombok, Jumat (21/1).

Kendati demikian, ia mengeluhkan masih adanya sampah yang ditinggalkan oleh pengunjung dan tidak dibuang ke tempatnya. Padahal sudah ada tempat sampah yang disiapkan. Sehingga untuk menjaga kebersihan di destinasi tersebut, keberadaan petugas kebersihan sangat diperlukan.

“Kebersihan ini yang harus dijaga. Ini baru kita datang, ada saja pengunjung yang tidak buang sampahnya. Padahal sudah ada tempat sampah banyak. Sehingga jangan sampai bersihnya pas baru-baru jadi aja,” keluhnya.

Selain kebersihan, lampu juga diperlukan. Keberadaan penerang ini untuk mengantisipasi dijadikan sebagai tempat yang tidak-tidak oleh oknum tertentu. “Kurang lampu di sini. Ada lampu atau tidak sih di sini. Jangan sampai ada remang-remang,” ungkap Lestari.

Sementara itu pengunjung yang lain, Ari asal Kota Mataram mengatakan cukup nyaman dengan penataan yang dilakukan oleh Pemkot Mataram. Namun saat ini masih kurang kulinernya. Lapak-lapak yang disiapkan masih belum terisi.

“Kan ada lapak PKL itu. Kita harap segera terisi. Kan kalau keluar cari makan males jauh kan. Jadi semoga lapak-lapak itu segera terisi,” harapnya.

Selain itu ia juga berharap agar kegiatan-kegiatan bisa lebih banyak digelar. Karena fasilitas pendukung sudah cukup lengkap disiapkan. Dengan adanya event maka kunjungan akan semakin meningkat

“Harus banyak kegiatan ini. Kan panggung juga sudah ada. Tempat nonton cukup bagus,” ujar Ari. Ia berharap penataan bisa dilakukan secara menyeluruh. Pasalnya, kondisi Taman Loang Baloq hanya tertata di satu lokasi saja.

“Sebelahnya juga ditata. Kolamnya sudah seperti tidak terurus. Depannya juga di tata agar secara keseluruhan bisa lebih bagus,” katanya. (azm)