Rapid Tes Gratis Bagi Warga Kota Mataram yang Ikut Seleksi CPNS

Ilustrasi rapid antigen. (Image source : Tribun)

Mataram (Inside Lombok) – Kebijakan pelayanan rapid antigen gratis di Kota Mataram, tidak hanya diperuntukkan bagi peserta yang akan mengikuti tes untuk formasi di Kota Mataram. Akan tetapi, kebijakan tersebut juga berlaku bagi semua warga yang memiliki KTP asal Kota Mataram yang akan mengikuti seleksi CPNS tahun 2021 ini.

“Cukup bawa KTP warga Kota Mataram dan membawa bukti sebagai peserta seleksi CPNS untuk wilayah se Indonesia,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, dr. Usman Hadi.

Ia menyebutkan, pelayanan rapid tes antigen gratis bagi peserta seleksi CPNS ini akan dilayani di 12 fasilitas kesehatan. Terdiri dari 11 puskesmas yang tersebar di masing – masing kecamatan di Kota Mataram dan laboraturium di Dinas Kesehatan.

“Kita siapkan 12 faskes. Belasan faskes ini untuk mengantisipasi kerumunan pada saat tes swab antigen,” katanya.

Penyediaan belasan fasilitas kesehatan ini lanjut Usman, mengingat jumlah peserta CPNS yang mengikuti mendaftar pada formasi di Kota Mataram cukup banyak yaitu mencapai 2.000 an orang lebih. Belum lagi, warga Kota Mataram yang akan mengikuti seleksi di kabupaten/kota lainnya bahkan ditingkat kementerian.

“Kan banyak nanti yang swab. Peserta di Kota Mataram saja itu 2.000 lebih kan. Belum nanti warga Kota Mataram yang daftar di Lombok Timur, Lombok Tengah, Provinsi. Selama dia warga Kota Mataram dimanapun dia tes, rapid tes antigen gratis di 12 fasilitas itu,” katanya.

Untuk diketahui, hasil swab antigen ini menjadi salah satu syarat bagi para peserta untuk bisa mengikuti tahapan seleski CPNS tahun 2021 ini. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk menekan angka kasus penularan Covid-19 pada saat pelaksanaan tes.