Ratusan Rumah di Kecamatan Labuhan Haji Terendam Banjir

Lombok Timur (Inside Lombok) – Hujan deras melanda sebagian wilayah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) khusunya Kecamatan Labuhan Haji pada Senin (09/02/2021) kemarin. Akibat peristiwa tersebut, ratusan unit rumah terendam banjir.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Lotim, Iwan Setiawan mengatakan, genangan air yang melanda dua dusun di Kecamatan Labuhan Haji tersebut dikarenakan debit air yang cukup besar dari arah sungai dan areal persawahan sekitar Desa Peneda Gandor dan Desa Labuhan Haji Kecamatan Labuhan Haji mengalami peluapan.

“Mendapati adanya laporan kita langsung turun ke lokasi melakukan assessment dan evakuasi,” ucapnya kepada Inside Lombok, Selasa (09/02/2021).

Genangan air setinggi pinggang orang dewasa tersebut merendam kurang lebih ratusan unit rumah warga di dua dusun di Desa Labuhan Haji, Kecamatan Labuhan Haji. Sebanyak kurang lebih 144 unit rumah di Dusun Mandar terendam dan sekitar 200 unit rumah di Dusun Ambengan.

“Kita sudah lakukan penyedotan dan membuat jalur air, serta membuat tanggul sementara,” jelasnya.

Mengantisipasi adanya luapan air susulan, Iwan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan akan potensi bencana yang dapat ditimbulkan yaitu bencana banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung serta dampak lainya berupa pohon tumbang dan sambaran petir.