Rp 3,6 Miliar Untuk Revitalisasi Tiga Pasar di Mataram

Walikota Mataram H. Mohan Roliskana saat berdialog dengan pedagang di pasar Pagesangan belum lama ini. (Inside Lombok/IST)

Mataram (Inside Lombok) – Tiga pasar di Kota Mataram akan direvitalisasi oleh Pemerintah Kota Mataram. Anggaran yang disedikan bersumber dari Dana Alokasi Khusus Pemerintah sebesar Rp 3,6 miliar.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram L. Alwan Basri mengatakan bahwa proyek pengerjaan revitalisasi itu akan dilakukan pada bulan Mei. Tiga pasar yang akan direvitalisasi diantarnya, Pasar Abian Tubuh, Pasar Cakranegara dan Pasar Pagesangan.

Hal ini disebabkan karena banyaknya pedagang yang tidak tertampung. Selain itu, tempat berjualan para pedagang juga terkesan tidak rapi. Sehingga meninggalkan kesan kumuh.

“Itu kan ada kios di kiri  dan kanan, itu yang akan ditata. Kita buatkan lapak biar rapi nanti,” ujarnya.

Pemerintah Pusat memiliki kebijakan strategis menata pasar, sehingga berimplikasi terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Bagi Alwan, PAD adalah nomor dua. Yang paling penting adalah bagaimana merombak pasar menjadi bersih dan nyaman serta mengedepankan pelayanan, sehingga menciptakan pasar bersih dan representatif.

Sementara itu, beberapa pasar yang ada di Kota Mataram selain yang tiga itu masih dianggap cukup bagus. Sehingga belum memerlukan revitalisasi. Namun demikian, ia berharap, baik pedagang maupun pengunjung pasar tetap menjaga kebersihan. Sehingga pasar menjadi nyaman untuk didatangi. (IL1)