RSUD Mataram Tetap Melayani Vaksinasi di Bulan Puasa

51
Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medis RSUD Kota Mataram dr Tris Cahyoso saat ditemui awak media, Selasa (6/4/2021). (Inside Lombok/Ade Andryan)

Mataram (Inside Lombok) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram berencana tetap akan memberikan layanan vaksinasi selama bulan Ramadan. Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medis RSUD Kota Mataram dr Tris Cahyoso mengatakan, pelayanan vaksinasi ini akan dibuka seperti biasa mulai dari pagi hingga siang hari.

“Pada bulan puasa, rumah sakit tetap melayani vaksinasi seperti biasa. Karena menurut rekomendasi MUI, vaksinasi tidak membatalkan puasa,” katanya, Selasa (6/4/2021).

Untuk kebutuhan vaksin, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Mataram. Pasalnya, stok vaksin yang tersedia saat ini hanya cukup untuk beberapa hari kedepan.

“Kalau di rumah sakit masih ada sekitar 800 vial. Itu posisi kemarin. Jika rata-rata per hari kita vaksin sekitar 300 orang mungkin itu hari Jumat sudah habis. Rencananya pagi ini kita minta lagi ke dikes,” pungkasnya.

Selain itu, dia juga mengatakan akan kembali mencanangkan program vaksinasi di fasilitas umum dan titik-titik strategis yang menjadi pusat keramaian lainnya di Kota Mataram. Hal ini dilakukan mengingat animo yang tinggi dari masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi.

“Kemarin kita sudah lakukan di tempat-tempat umum dan ternyata peminatnya cukup banyak. Target kita 200 tapi ternyata yang minat lebih dari itu. Syukurnya ada bantuan dari pihak-pihak lain yang terlibat sehingga kegiatan vaksinasinya dapat terlaksana dengan baik dan tertib,” jelasnya.

“Rencananya bakal kita laksanakan lagi di tempat-tempat lainnya, semoga bisa terlaksana. Lokasinya masih belum bisa sebutkan karena sedang proses negosiasi dengan tempat tersebut,” sambungnya.