Sabet Juara Tilawah, NTB Raih Peringkat Sembilan di STQ Nasional XXVI

Peserta dari Provinsi NTB yang mendapatkan juara pada STQ di Provinsi Maluku Utara. (Inside Lombok/ist)

Mataram (Inside Lombok) -Provinsi NTB berhasil meraih peringkat kesembilan dari 34 Provinsi seh-Indonesia yang mengikuti Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXVI di Sofifi, Provinsi Maluku Utara.

Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah mengapresiasi seluruh peserta yang telah berjuang dan berhasil membawa harum nama NTB di kancah nasional. “Luar biasa kontingen STQN kita mewakili NTB di Maluku Utara,” ujar Bang Zul,, Jum’at (22/10).

Wakil Gubernur NTB, Dr. Sitti Rohmi Djalillah juga mengucapkan selamat kepada seluruh peserta dan mendoakan agar perjuangan seluruh peserta mendapatkan berkah dari Allah SWT.

“Alhamdulillah, selamat kepada Yuni Wulandari, Salah satu Qori’ah NTB, telah meraih juara satu pada Cabang Tilawah Golongan Dewasa di STQ Nasional Maluku Utara. Insyaallah berkah,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Prov. NTB, Dra. Hj. Baiq Eva Nurcahyaningsi selaku Ketua Rombongan Kafilah NTB mengucapkan terimakasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta seluruh stakeholder dan masyarakat NTB yang telah mendukung dan mendoakan seluruh peserta STQ.

“Alhamdulillah, terimakasih atas semua dukungan dan doanya, Provinsi NTB berhasil meraih peringkat kesembilan,” ujar Eva.

STQ Nasional XXVI Tahun 2021, Kota Sofifi Provinsi Maluku Utara berlangsung sejak 14 – 23 Oktober 2021. Adapun cabang dan golongan yang dilombakan yaitu Cabang Tilawatil Quran golongan anak-anak sebanyak dua peserta. Cabang Tilawatil Quran Golongan Dewasa dikuti sebanyak dua peserta.

Kemudian Cabang Hifzhil Quran Golongan 1 Juz dan Tilawah, Cabang Hifzhil Quran Golongan 5 Juz dan Tilawah, Cabang Hifzhil Quran Golongan 10 Juz dan Tilawah, Cabang Hifzhil Quran Golongan 20 Juz dan Tilawah serta Cabang Hifzhil Qur’an Golongan 30 Juz dan Tilawah masing-masing diikuti sebanyak dua peserta.

Sementara, Cabang Tafsir Al Quran Bahasa Arab diikuti dua peserta. Dari semua cabang dan golongan itu masing-masing diikuti dua peserta kafilah NTB. Selain itu, dari 16 peserta kafilah NTB didampingi tujuh pelatih atau pembina STQ. Sehingga total keseluruhan kafilah dari NTB berjumlah 23 orang.

Pada ajang tersebut, lima peserta asal NTB berhasil meraih juara. Antara lain Yuni Wulandari dari Cabang Tilawah Dewasa Putri berhasil meraih juara I nasional dan Lalu Muh. Khaerurrazak Al-Hafizi dari Cabang Tahfiz Golongan 30 juz berhasil meraih juara III nasional.

Kemudian Arfah Wulandari dari Cabang Tahfidz 5 juz dan tilawah meraih juara harapan I nasional, Anisa Maulida dari Cabang Tafsir Bahasa Arab Putri meraih juara harapan II nasional, dan Salwa Salsabila dari Cabang Tahfidz 30 juz putri meraih juara harapan III nasional.