Sambut HUT RI, Masyarakat Mulai Kibarkan Sang Merah Putih

70
Kibaran bendera yang ada di salah satu komplek di wilayah Selong, Selasa (09/08/2022). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Berbagai cara dilakukan masyarakat dalam menyambut maupun mengisi HUT RI. Mulai dari cara yang sederhana hingga menggelar kegiatan yang unik-unik.

Mengisi kemerdekaan saat ini tentu tidak lagi harus mengangkat senjata atau pun bambu runcing. Namun tentang bagaimana mengisi kemerdekaan itu sendiri agar arti kemerdekaan itu bisa melekat pada diri sendiri maupun masyarakat luas.

Hal sederhana yang dilakukan masyarakat dalam menyambut hari kemerdekaan setiap tahunnya, yakni dengan mengibarkan sang saka merah putih di halaman rumah atau di pinggir jalan.

“Ini adalah cara sederhana kita dalam mengungkapkan rasa cinta kita kepada bangsa sendiri,” ucap Aris Joyo Kusumo saat ditemui memasang bendera di pagar rumahnya, Selasa (09/08).

HUT Kemerdekaan RI tentunya bukan saja melaksanakan kegiatan, akan tetapi esensi dari kegiatan tersebut mengajarkan tentang bagaimana membuat masyarakat untuk terus menanamkan cinta terhadap bangsa sendiri.

“Jika kita tidak bisa berbuat demi kemajuan bangsa, setidaknya kita masih mempunyai jiwa nasionalisme yang membuat bangsa ini menjadi kokoh,” cetus warga lainnya, Ferdi Arno Saputra saat ditemui di lokasi berbeda.

Meskipun hanya mengibarkan bendera di halaman rumah atau di pinggir jalan, momen seperti itu sangat dirindukan oleh masyarakat Indonesia dan tentunya kegiatan semarak kemerdekaan yang ramai digelar di berbagai wilayah.

Adapun kegiatan yang selalu ada di setiap momen kemerdekaan yakni gerak jalan, pawai, karnaval, dan lomba-lomba hiburan lainnya. Tentunya dengan hal seperti itu dapat membuat kebersamaan lebih kuat tanpa memandang perbedaan dan bersama-sama menyemarakkan kemerdekaan di tengah perbedaan. (den)