Sambut WSBK, Vaksinasi Covid-19 di Kawasan Mandalika Mulai Dikebut

Vaksinasi covid-19 kepada warga di kawasan Destiansi Wisata Mandalika pada Sabtu (21/08/2021). (Inside Lombok/Istimewa)

Mataram (Inside Lombok) – Event balap motor internasional FIM MOTUL Superbike World Championship (WSBK) direncanakan digelar pada November mendatang. Untuk menyambut event kelas dunia tersebut, pemerintah mulai menggencarkan vaksinasi Covid-19.

Kegiatan vaksinasi massal di kawasan Mandalika Lombok Tengah bertajuk Vaksinasi Mandalika Goes To Green Zone. Jumlah peserta vaksinasi Covid-19 yaitu sebanyak 3.000 orang. Pelaksanaan vaksinasi tersebut tersebar di sejumlah tempat yaitu di Bazaar Mandalika, area Kuta Beach Park (KBP), Desa Mertak dan SDN 1 Bangkrang Prabu.

Kegiatan vaksinasi tersebut disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno secara virtual, dan dihadiri oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Kapolda NTB Irjen. Pol.M. Iqbal, Danrem 162/ WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, dan Direktur Operasional & Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Uno saat memantau pelaksanaan vaksin secara virtual menyampaikan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kementerian lainnya untuk mendukung vaksinasi di Kawasan Mandalika.

“Saya sudah teruskan kepada Menteri Kesehatan, Menteri BUMN, dan tentunya kepada Kapolri bahwa kedepan seluruh perhatian dan aktivitas kita adalah mendorong vaksinasi di Mandalika,” ungkapnya.

Percepatan ini untuk memenuhi persyaratan dalam menyambut event WSBK. Ditargetkan tingkat vaksinasi di NTB harus mencapai tingkat yang lebih tinggi. Selain itu, satu bulan sebelum WSBK harus dipastikan sudah memenuhi syarat tersebut.

“Oleh karena itu, semua pihak akan menggenjot vaksinasi di NTB khususnya Mandalika. Saya dukung 100 persen. Dengan pola kolaborasi, per hari ini sudah 200.000 masyarakat yang tervaksinasi di lingkup parekraf di NTB dengan target 450.000 pada September 2021,” katanya

Sandiaga memastikan, dalam upaya percepatan vaksin Covid-19, pemerintah pusat menyiapkan semua fasilitas yang dibutuhkan. Misalnya, petugas vaksin atau vaksinator sudah siap dan jumlah vaksin tercukupi.

Sementara itu, Direktur Utama Abdullbar M. Mansoer mengatakan ITDC siap mendukung dan mendampingi Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dalam kegiatan vaksinasi untuk mencapai target 20.000 vaksin per hari.

“Sebelumnya ITDC telah menyelesaikan vaksinasi bagi 1.200 pekerja pariwisata di The Mandalika. ITDC memiliki komitmen untuk mendukung penyelesaian vaksinasi sebagai salah satu syarat penyelenggaraan WSBK pada November ini,” ujarnya.