Sang Merah Putih Berkibar di Sophialouisa, Perbatasan Lobar – Australia

1098
Bendera merah putih dikibarkan di pulau terluar Sophialousia (Inside Lombok/Humas Polres Lobar)

Lombok Barat (Inside Lombok) – Sang merah putih berkibar di pulau terluar Lombok Barat (Lobar), yaitu Pulau Sophialouisa atau Pulau Sepatang yang ada di Dusun Panggang, Desa Buwun Mas, Sekotong. Pulau tersebut berbatasan langsung dengan Australia.

Pengibaran bendera merah putih sebagai rangkaian peringatan HUT RI ke-77 dipimpin langsung oleh Kapolres Lobar. Diikuti juga oleh warga, guru, serta anak-anak sekolah SDN 13 Buwun Mas.

“Ini upaya untuk menumbuhkan semangat nasionalisme Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terhadap masyarakat dan penduduk yang ada di Dusun Panggang. Sekaligus menyambut dan memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke-77 oleh Polres Lombok Barat,” ungkap Kapolres Lobar, AKBP Wirasto Adi Nugroho.

Para personel Polres Lobar serta masyarakat dan anak-anak sekolah saling berbaur dan bersatu membentangkan sang merah putih di atas pulau kecil itu. “Melalui kegiatan ini kita ingin menggugah semangat patriotisme serta jiwa kebangsaan. Sesuai dengan tema besar peringatan yakni pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” tutur dia.

Komitmen Polres Lombok Barat dalam menjaga Pulau Sophialouisa atau Sepatang, yang merupakan pulau terluar di NTB mendapat dukungan dan apresiasi dari warga setempat.

Kepala Dusun (Kadus) Panggang M. Nasir, mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih atas perhatian dan semua yang pernah dilakukan bersama untuk menjaga Sophialouisa. Dirinya mengakui, bahwa kegiatan seperti itu merupakan yang pertama kalinya digelar di sana.

Nasir berharap, dengan begitu bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme untuk sama-sama menjaga pulau terluar itu. Termasuk bagaimana supaya kedepannya akses jalan menuju Sophialouisa bisa menjadi atensi pemerintah. Karena saat ini kondisi jalannya yang dinilai memprihatinkan.

“Harapannya mewujudkan pulau terluar ini supaya kedepannya lebih maju dan untuk akses jalan ini biar cepat diperhatikan juga oleh pemerintah,” tutupnya. (yud)