Satu PDP Asal Sumbawa Barat Meninggal di RSU Sumbawa

Gugus Tugas pencegahan dan penanganan COVID-19 Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengumumkan satu orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berinisial S (64) asal Lingkungan Sempan, Kelurahan Kuang Kecamatan Taliwang KSB, Nusa Tenggara Barat, meninggal dunia di Rumah Sakit HL Manambai Abdul Kadir Sumbawa, Sabtu (17/04/2020). Prosesi pemakaman sesuai protap COVID-19.

Taliwang (Inside Lombok) – Gugus Tugas pencegahan dan penanganan COVID-19 Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengumumkan satu orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berinisial S (64) asal Lingkungan Sempan, Kelurahan Kuang Kecamatan Taliwang KSB, Nusa Tenggara Barat, meninggal dunia di Rumah Sakit HL Manambai Abdul Kadir Sumbawa, Sabtu.

Pasien tersebut dirujuk dari Taliwang ke Sumbawa pada Jumat (17/7) sekitar pukul 14.45 WITA dengan keluhan batuk, demam nyeri ulu hati dan sesak nafas.

Bupati Sumbawa Barat dalam rilis resminya, di Taliwang, Sabtu mengatakan pasien tersebut telah melalui rapid test dengan hasil reaktif dan dilarikan ke Sumbawa untuk diperiksa lebih lanjut.

Namun, sehari setelah dirujuk, pada Sabtu sekitar pukul 05.30 WITA, pasien tersebut meninggal dunia di RSU HL Manambai.

“Pasien sudah dilakukan swab, tinggal menunggu hasilnya,” katanya.

Dijelaskan Bupati, pasien S tidak mempunyai riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, juga tidak mempunyai riwayat kontak dengan pasien positif COVID-19 dalam 14 hari terakhir sebelum sakit.

Hingga saat ini ditemukan 12 orang yang kontak erat dengan pasien dan telah dilakukan rapid test dengan hasil non reaktif serta telah dilakukan tindak lanjut sesuai dengan protokol kesehatan.

Dari pantauan media ini, jenazah S telah dikebumikan di Taliwang sesuai dengan protokol penanganan COVID-19.

Bupati mengimbau masyarakat Sumbawa Barat untuk tetap tenang, jujur saat skrining atau pemeriksaan, selalu memakai masker dan disiplin dalam menerapkan physical distancing dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir. (Ant)