Selokan Tersumbat, Luapan Air di Selong Genangi Pemukiman Warga

Air yang menggenangi rumah warga, Jumat (03/12/2021). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Luapan air di Lingkungan Seruni, Kecamatan Selong menggenangi pemukiman sekitar, Jumat (3/12) siang tadi. Penyebab luapan air sendiri akibat tersumbatnya selokan di sekitar lingkungan tersebut.

Saat dilakukan pembersihan, ditemukan penyumbat utama selokal adalah perancah gesting pembangunan. Sehingga sampah yang terbawa arus terperangkap pada gesting, hingga selokan tersumbat.

“Gesting itu yang membuat sampah jadi terkumpul dan mengakibatkan luapan air,” ucap Suryadi, salah satu pemilik rumah yang digenangi air luapan, Jumat (03/12).

Akibat sumbatan tersebut, air meluap setinggi lutut orang dewasa dan masuk ke dalam rumah-rumah wargai. Padahal saat itu hujan yang mengguyur Kota Selong masih terbilang dalam intensitas sedang.

“Padahal hujannya masih sedang, tapi akibat sumbatan tersebut membuat air meluap hingga masuk ke dalam rumah,” katanya.

Adanya laporan tersebut, pihak BPBD Lotim berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) segera membersihkan selokan dari sumbatan sampah. Serta melakukan penyedotan untuk menguras genangan air yang masuk ke rumah warga. (den)