Semua Desa di Lotim Diminta Membuat Tempat Isolasi Covid-19

30
Khairi saat ditemui awak media di Gedung DPRD Lotim, Selasa (09/02/2021). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Meminimalisir angka Covid-19 di Lombok Timur (Lotim), pemerintah daerah meminta semua desa untuk membuat tempat isolasi mandiri di desa masing-masing untuk masyarakat yang memiliki gejala atau reaktif Covid-19.

Kepala DPMD Lotim, M Khairi mengatakan, pihaknya sudah melayangkan surat edaran ke seluruh desa/kelurahan yang ada di Lotim untuk segeran membuat tempat isolasi mandiri bagi masyarakatnya yang terpapar Covid-19. Untuk itu, semua desa diminta membuat ruang isolasi minimal 10 tempat tidur.

“Kita sudah bersurat ke semua Desa yang ada di Lotim, untuk menindaklanjuti Instruksi bupati,”ucap Khairi kepasa Inside Lombok, Selasa (09/02/2021).

Setiap desa diharapkan bisa serius dalam menangani kasus Covid-19 di Lotim, sehingga pihaknya berharap semua desa bisa mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk penanganan Covid-19.

Lanjut Khairi, tempat Isolasi tersebut tidak mesti menggunakan kantor desa semata, namun bisa menggunakan rumah warga yang kosong atau tempat lainnya.

“Ada yang menyewa rumah kosong dan diperbaiki, ada yang menggunakan aula desa, dan aula puskesmas,” Imbuhnya.

Dengan adanya rumah isolasi mandiri tersebut tidak ada lagi masyarakat yang isolasi mandiri di rumah sendiri-sendiri guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkup keluarga.

“Saat ini baru lima desa yang sudah memiliki tempat Isolasi mandiri,” katanya.

Khairi berharap agar semua desa serius dalam pembuatan tempat Isolasi tersebut dan berperan aktif untuk pencegahan kasus Covid-19 di Lotim.