Siap-Siap! 14 Oktober Logistik WSBK Tiba di Pelabuhan Gili Mas

 

Tampak salah satu kapal Ro-Ro sedang bersandar dan dalam pemeliharaan di Pelabuhan Gili Mas, Lembar. Senin (11/10/2021). (Inside Lombok/Yudina Nujumul Qur’ani).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Pengiriman berbagai peralatan pendukung perhelatan World Superbike (WSBK) siap dilakukan 14 Oktober mendatang melalui Pelabuhan Gili Mas, Lembar. Pengiriman logistik tersebut sekaligus memantapkan posisi Lombok Barat sebagai salah satu pintu masuk bagi wisatawan yang ingin menontong gelaran balap motor internasional tersebut.

“Kapal Ro-Ro Banyuwangi – Lembar setiap hari ada, itu termasuk juga kapal yang akan mengangkut keperluan logistik WSBK di Mandalika,” ujar General Manager (GM) Pelindo III cabang Lembar, Baharuddin, saat ditemui di Pelabuhan Gili Mas, Senin (11/10).

Pihaknya pun sudah menggelar rapat teknis bersama ITDC untuk membahas hal itu. Namun, dijelaskan Bahar, pelayaran ini termasuk rute domestik. Karena logistik yang akan masuk melalui Gili Mas memang peralatan yang sudah ada di Indonesia.

Logistik untuk keperluan WSBK akan diangkut oleh kapal Ro-Ro milik Pelindo. Saat ini ada tiga kapal yang memfasilitasi rute berlayar Banyuwangi – Lembar. Termasuk yang masuk melalui pelabuhan pengangkutan barang Pelindo Lembar.

“Kapal Ro-Ro kita yang beroperasi sekarang ini ada enam, baik rute Surabaya maupun Banyuwangi,” papar Bahar. Pihaknya menyebut Gili Mas sudah siap menjadi pintu masuk berbagai peralatan untuk mendukung WSBK dan MotoGP tahun 2022 mendatang. Termasuk dari sisi operasional di pelabuhan yang sudah dimatangkan.

“Terkait regulasi dari pemerintah daerah, bidang kesehatan dan lain-lain. Itu sudah terkoordinasi semua,” jelasnya. Termasuk soal kesiapan bea cukai yang akan langsung ditempatkan di pelabuhan untuk mengontrol barang-barang yang tiba dari luar negeri.

Diakuinya, untuk periode Oktober – Desember 2021 ada sekitar enam jadwal kapal pesiar yang seharusnya masuk ke Gili Mas. Kendati demikian, pihaknya belum mendapatkan kepastian regulasi terkait sandarnya kapal wisata tersebut.

Pelabuhan Gili Mas diakuinya sudah siap menerima kunjungan wisatawan mancanegara yang akan datang ke Lombok melalui jalur laut. “Kalau untuk menyambut kapal pesiar kita sudah tidak ada masalah,” tandas Bahar.